Share Pengalaman Servis Shockbreaker Motor

SELAMA sekian tahun menjadi penglaju, tercatat sudah beberapa kali saya menserviskan shockbreaker motor yang saya pakai, terutama shockbreaker depan. Tiga kali di bengkel umum dan 2 kali di bengkel khusus shockbreaker. Dari pengalaman menserviskan shockbreaker tersebut, ketidakpuasan selalu muncul saat saya menserviskan shockbreaker di bengkel umum.

shockbreaker.jpg
Ilustrasi servis shockbreaker. (Foto: https://xtramotor.wordpress.com)

Beberapa minggu yang lalu, saya baru saja mengganti seal dan oli shokbreaker depan Supra X saya. Nah selang dua minggu, di luar dugaan saya mendapati salah satu shockbreaker depan Supra X saya tersebut kembali bocor dan olinya merembes keluar. Karena sudah tidak yakin lagi untuk menserviskannya ke bengkel umum, maka hari Minggu (20/9) kemarin saya meluncur ke bengkel shockbreaker yang tidak jauh dari rumah. Dan pilihan jatuh pada bengkel Yoko Skok, yang berada komplek pertokoan sebelah utara SPBU Kepuh, Nguter, Sukoharjo.

Ini bukan kali pertama saya menserviskan shockbreaker ke Yoko Skok, sebab sekitar 2 tahun yang lalu saya pernah menserviskan shockbreaker depan Supra Fit saya di bengkel tersebut. Dan hasilnya masih awet sampai sekarang. Kepada Sang Mekanik, saya ceritakan pengalaman menservis saya di bengkel umum yang selalu berakhir dengan ketidakpuasan. Menurut dia, kualitas seal-lah yang menentukan. Jarang sekali ada bengkel umum yang menyediakan seal shockbreaker dengan kualitas terbaik, sehingga bila ada seseorang yang menserviskan shockbreaker maka dipakailah seal yang berkualitas biasa (bukan orisinil). Benar saja, setelah saya cek di nota pembayaran bengkel beberapa waktu lalu, tercatat harga seal yang hanya Rp8.000 per biji. Sedangkan di bengkel Yoko ini seal shock depan untuk Supra X harganya Rp25.000 satu buah. Coba bandingkan!

Dari pengalaman saya tersebut bisa diambil pelajaran bahwa untuk urusan servis shockbreaker (terutama depan), kualitas seal harus benar-benar diperhatikan. Ada baiknya Anda menyerahkan urusan servis ini pada bengkel khusus shokbreaker atau bengkel resmi/dealer langganan Anda. Atau Anda bisa membeli sendiri seal di AHASS/dealer, baru kemudian menyerahkan pengerjaannya pada bengkel umum langganan. Sekian, semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

4 thoughts on “Share Pengalaman Servis Shockbreaker Motor”

Add your comments!

