Hari Ini Jalan Pattimura Solo Mulai Satu Arah

SESUAI postingan saya seminggu yang lalu perihal rencana pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) di ruas Jalan Pattimura Solo, maka hari ini, Senin 5 Oktober 2015, pemberlakuan SSA di Jalan Pattimura Solo resmi diberlakukan. Sosialisasi yang telah dipublikasikan di lokasi oleh Dishubkominfo Kota Solo sejak seminggu yang lalu terbilang cukup efektif, buktinya menurut pantauan penulis, tidak banyak pemakai jalan yang kecele dengan sistem baru ini meski masih ada sejumlah pemakai jalan yang harus dijelaskan oleh petugas yang sedang berjaga karena ketidaktahuannya perihal pemberlakuan SSA ini.

onewaysignbw.jpg
Rambu-rambu jalur satu arah. (Foto: Wikipedia)

Pagi tadi di lokasi ketika kebetulan melintas hendak berangkat kerja, saya berkesempatan ngobrol sedikit bersama Kadishubkominfo Kota Solo, Bapak Yosca Herman yang sedang memantau pelaksanaan. Menurut beliau, kebijakan pemberlakuan SSA di Jalan Pattimura diambil karena tingginya angka kecelakaan yang terjadi di ruas jalan tersebut. Ukuran jalan yang tidak begitu lebar tak seimbang dengan banyaknya kendaraan bermotor yang melintas, sehingga cukup sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Usulan untuk menjadikan satu arah Jalan Pattimura pun, masih menurut beliau, justru datang dari warga sekitar yang prihatin sejak 2-3 tahun yang lalu.

Contra Flow
Meski sudah satu arah, kehati-hatian dan kewaspadaan harus tetap menjadi prioritas utama dalam berkendara, sebab di ruas Jalan Pattimura ini banyak terdapat persimpangan dengan jalan kampung, sehingga dipastikan banyak pengguna jalan yang akan wara-wiri melintas. Selain itu di setiap jam tertentu, akan lewat Angkutan Kota Jalur 02 yang melintas melawan arus (contra flow) di jalur tersebut, sehingga hal ini patut dijadikan salah satu alasan untuk tetap berhati-hati saat melintas di jalan satu arah ini.

Secara keseluruhan pemberlakuan perdana SSA di Jalan Pattimura pagi ini terbilang sukses. Semoga hal ini juga diikuti dengan perilaku masyarakat kota Solo yang semakin sadar bahwa tertib berlalu lintas telah menjadi sebuah kebutuhan. Semoga saja. (Arie Kurniawan)

Advertisements

8 thoughts on “Hari Ini Jalan Pattimura Solo Mulai Satu Arah”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s