Mengenal Yellow Box Junction (YBJ)

SUDAH beberapa hari ini saat berangkat kerja, saya mendapati garis marka berwa kuning yang berbentuk seperti kotak lengkap dengan garis diagonalnya, tepatnya di pertigaan Sriwedari Kota Solo. Mungkin di antara Anda ada yang belum paham tentang garis kuning ini. Inilah yang dinamakan Yellow Box Junction (YBJ).

YBJ
Yellow Box Juction di sebuah persimpangan padat di Jakarta. (Foto: https://kursus2mobil.wordpress.com)

YBJ adalah jenis marka jalan yang berguna untuk mencegah kepadatan lalu lintas akibat tersendatnya arus lalu lintas. YBJ biasa ditempatkan di persimpangan-persimpangan yang padat. Seperti di pertigaan Sriwedari Kota Solo ini contohnya. Saat arus lalu lintas padat dan tersendat di sebuah persimpangan, banyak pengendara yang tetap menerobos kepadatan tersebut dengan alasan traffic light telah menyala hijau, padahal di dalam YBJ masih ada kendaraan yang tersendat. Dengan adanya YBJ ini, pengendara diharapkan tetap harus berhenti bila masih ada kendaraan lain yang berada di kotak YBJ, walaupun traffic light sudah menyala hijau. Bila ada yang melanggar akan mendapatkan tilang, karena dianggap melanggar marka jalan.

Pemberian YBJ ini tentunya harus diikuti dengan kesadaran lalu lintas yang tinggi dari para pemakai jalan terutama pengendara kendaraan bermotor/mobil. Sebab YBJ ini tidak akan memberikan manfaat bila sikap ingin menang sendiri tetap kita dahulukan ketika berada di jalan. Mulailah tertib diri dan jadilah pelopor ketaatan dan keselamatan berlalu lintas. Salam. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s