Sudahkah Kota Solo Membutuhkan RHK Sepeda Motor?

BILA pada tulisan beberapa hari lalu saya pernah membahas sedikit tentang Yellow Box Junction (YBJ) sebagai marka yang berfungsi untuk memecah arus saat lalu lintas padat di persimpangan, kali ini saya ingin memperkenalkan satu lagu marka khusus yang juga biasa ditempatkan di sekitar traffic light, yaitu Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor. RHK Sepeda Motor biasa ditempatkan di dekat lampu pengatur lalu lintas, sedikit di belakang zebra cross. Biasanya diberi warna dasar merah dengan gambar sepeda motor berwarna putih.

rhk-motor-depok-2014
Ruang Henti Khusus sepeda motor di sebuah persimpangan di Depok. (Foto: https://edorusyanto.wordpress.com)

RHK Sepeda Motor adalah fasilitas bagi sepeda motor untuk berhenti selagi traffic light menyala merah. Ya, hanya khusus bagi sepeda motor, bukan mobil. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi risiko kecelakaan akibat adanya penyerobotan jalan. Keefektifan RHK tentu sangat tergantung kita sebagai pemakai jalan. Bagi yang melangar pun, sudah ada UU yang akan menjeratnya. Menurut UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, para pelanggar marka dan rambu-rambu lalu lintas bisa dikenai denda maksimal Rp500.000 atau penjara maksimal 2 bulan.

Kota Solo, sebagai sebuah kota yang semakin hari semakin padat lalu lintasnya, menurut pandangan penulis, sudah sepantasnya bila juga menempatkan RHK Sepeda Motor di beberapa persimpangan padatnya, satu contoh di beberapa persimpangan di Jalan Slamet Riyadi, Faroka, atau Fajar Indah yang selalu padat dengan sepeda motor dan mobil. Namun tentu saja, perlu evaluasi khusus sebelum benar-benar merealisasikannya. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s