Mengenal Lebih Dekat Bunga Desember

MESKI bernama bunga desember, bunga ini tidak melulu mekar di bulan Desember. Contohnya di bulan November ini sudah banyak bermunculan bunga-bunga desember berwarna merah merekah. Bunga desember yang memiliki nama ilmiah Haemanthus multiflorus ini masuk dalam famili bakung-bakungan (Amaryllidaceae). Umbi tumbuhan ini akan mulai berdaun dan berbunga di sekitar bulan November sampai Januari, di mana curah hujan sedang tinggi-tingginya.

bungadesember1.jpg
Mahkota bunga desember. (Foto: https://raxacollective.wordpress.com)

Bunga desember berasal dari Afrika bagian selatan. Tumbuhan ini memmpunyai bunga mirip payung yang berkoloni, sehingga membulat seperti bola. Ujung bunga-bunga tersebut berwarna kuning atau oranye. Tanaman ini membentuk 1 tangkai bunga yang bundar pipih dan muncul di sekitar ketiak daun. Mahkota bunga berbentuk seperti jarum berwarna merah terang, benang sari melengkung keluar, tangkai sarinya memiliki panjang 2 – 5 cm dan berwarna merah tua, sedangkan kepala sari berwarna merah jambu. Bakal buahnya sendiri berbentuk elips dengan panjang sekitar 0,5 cm.

Cara merawat bunga desember
Merawat bunga desember tergolong mudah, meski begitu ada beberapa poin penting yang wajib dipahami.

  1. Bunga desember lumrahnya akan berbunga di akhir/awal tahun, meski begitu tak jarang ada juga bunga desember yang mekar di luar bulan-bulan tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan efek pemanasan global yang mendera bumi.
  2. Ketika bakal tumbuhan muncul ke permukaan tanah, biarkan tunas tersebut tumbuh dengan sendirinya tanpa perlu disiram. Sebab jika banyak disiram, umbi dari tunas tersebut akan membusuk dan mati.
  3. Jika daun sudah mulai terbentuk, Anda bisa mulai menyiraminya, namun jangan berlebihan dan jangan terlalu sering.
  4. Anda bisa memanen bunga desember begitu buahnya terlihat, satu buah berisi satu biji, dan biji inilah yang bisa Anda gunakan untuk dibudidayakan.
  5. Jika Anda ingin membudidayakan bunga desember ini, tanamlah dulu pada polybag, dan kemudian tanamlah di tanah saat musim hujan masih berlangsung.

Itulah sekilas tentang bunga desember dan beberapa tips untuk merawatnya. Satu filosofi yang bisa kita ambil dari bunga desember, bahwa alangkah baiknya kita menutup lembaran tahun ini dengan keceriaan dan keindahan. Seperti bunga desember ini. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s