Teliti Belanja di Indomaret

SIAPA tak kenal Indomaret? Minimarket yang mempunyai cabang hampir di setiap penjuru Indonesia ini mungkin sudah menjadi bagian dari hidup Anda. Praktisnya cara berbelanja dan lumayan lengkapnya dagangan, membuat minimarket sejenis ini menjadi pilihan belanja kala mendesak. Meski begitu, perlu kecermatan dan ketelitian saat berbelanja di minimarket model seperti ini. Dan berikut pengalaman istri saya saat berbelanja di Indomaret, tepatnya di Indomaret Nguter, depan Pasar Nguter Sukoharjo.

indomaret
Indomaret. (Foto: https://promoindomaret.wordpress.com)

Rabu (18/11) sore kemarin, sepulang kerja istri saya mampir ke Indomaret Nguter untuk membeli beberapa keperluan di antaranya beberapa mie instan, snack, dan obat nyamuk semprot ukuran kecil. Setelah membayar di kasir, karena sedikit terburu-buru, maka istri saya pun bergegas meninggalkan toko untuk segera menuju rumah. Sesampainya di rumah, istri saya sengaja mengecek struk hasil belanja di Indomaret tersebut dan mencermatinya. Ternyata pada struk tersebut tertulis bahwa istri saya mendapatkan gratis pembersih lantai seharga Rp8.200. Namun item tersebut tidak diberikan. Merasa ada ketidaksesuaian prosedur, istri saya pun melayangkan SMS ke Indomaret Pusat yang mana nomor teleponnya tertera di struk.

Keesokan harinya istri saya mendatangi kembali Indomaret Nguter untuk meminta klarifikasi. Kali ini dengan petugas kasir yang berbeda. Setelah menjelaskan permasalahannya, salah satu petugas di situ mengakui ada kesalahan dalam memberikan free item-nya, yaitu pembersih lantai tersebut. Si petugas juga bilang bahwa kasus ‘lupa’ semacam ini sering terjadi dan sambil meminta maaf, si petugas memberikan pembersih lantai yang menjadi hak pembeli tersebut.

Nah, dari kasus kecil ini bisa kita ambil pelajaran bahwa kecermatan sangat dibutuhkan saat kita berbelanja. Tak hanya di Indomaret, tapi juga berlaku di tempat-tempat belanja yang lain. Ada baiknya sebelum meninggalkan kasir/toko, periksa duhulu struk Anda dan bila ada ketidakjelasan segeralah tanyakan pada kasir/petugas. Memang nilai nominal pembersih lantai tersebut tidak seberapa, namun masalah ini telah menyangkut komitmen dan kualitas pelayanan perusahan kepada konsumen. Kepada Indomaret, kasus-kasus semacam ini seharusnya tidak berulang-ulang terjadi. Dan semoga hal ini menjadi perhatian kita bersama. (Arie Kurniawan)

Advertisements

5 thoughts on “Teliti Belanja di Indomaret”

  1. Modus lupa kasir. Iya kalau yg beli balik lagi sambil bawa struk, lha kl yg beli nggak balik lagi dan nggak teliti struk apa kasirnya mau nganterin ke rumah… Hallo Indomaret didik lagi kasir dan karyawannya…

    Like

      1. Haha, barusan si kasir yang lupa itu sms ke nomor istri saya, intinya mau minta maaf langsung. Mungkin dia didesak manajemennya, soalnya kasus kayak gini sudah sering terjadi dan mereka takut kehilangan pelanggan…

        Like

      2. Kl mau minta maaf langsung suruh ke rumah aja mas, suruh bawa gula teh ma roti apa beras sekalian. Kalau gak mau laporin biar di pecat…kerja kok nggak jujur.. Hehe..

        Liked by 1 person

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s