Presiden yang Rendah Hati

PAGI tadi saat membuka akun Instagram, di beranda terlihat foto yang baru saja diunggah oleh akun @presidenjokowidodo. Dalam foto tersebut terlihat Presiden Jokowi sedang membungkuk menyalami soseorang yang ternyata adalah guru Aljabar semasa Presiden Jokowi SMP dulu. Foto tersebut adalah foto dalam rangkaian acara peringatan Hari Guru Nasional 2015 di Jakarta.

jokowiig.png
Presiden Jokowi membungkuk menyalami guru semasa sekolahnya dulu. (Foto: Instagram)

Saya tertarik mengamati foto tersebut lekat-lekat. Dengan rendah hati, Presiden Jokowi membungkuk dan menyalami guru semasa sekolahnya dulu yang saat ini sudah sepuh dan memakai kursi roda. Meski hanya foto, saya menangkap ada keluwesan dan keikhlasan dari Presiden Jokowi saat menyalami gurunya. Di foto itu juga terlihat orang-orang di sekelilingnya sedang tertawa lepas, melihat momen tersebut.

Dari momen tersebut Presiden Jokowi menunjukkan pada kita bahwa sosok guru, sampai kapan pun memang sudah seharusnya kita hormati dan mendapat tempat tertinggi di hati kita, bahkan sejajar dengan orang tua. Sekaligus Presiden Jokowi dalam foto tersebut telah menjadi guru bagi kita. Guru yang mengajari kita arti kasih dan hormat kepada orang tua, yaitu guru kita. Dalam pidatonya, Presiden berkata bahwa guru mulia karena karyanya. Dan kita saat ini, merupakan karya dari guru-guru kita dulu. Selamat Hari Guru! (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s