Pedoman Memilih Nama untuk Anak

SEBENARNYA ini adalah tulisan di blog lama saya yang saya tulis 3 bulan sebelum kelahiran putra saya, Erlangga. Bagi Anda yang saat ini sedang menantikan kelahiran buah hati di tengah-tengah keluarga, barangkali ada sedikit kebingungan dalam memilihkan nama untuk calon buah hati Anda tersebut. Nah, berikut adalah panduan simpel yang bisa Anda pakai dalam memilihkan nama untuk buah hati Anda.

erlangga.jpg
Putra saya, Muhammad Erlangga Kurniawan, Desember nanti genap berusia 1,5 tahun. (Foto: Dok. pribadi)

Nama adalah doa
Nama adalah doa. Itulah pendapat yang selama ini berkembang pada masyarakat kita. Sebagai orang tua, tentu saja kita mengharapkan, kebaikan akan selalu datang pada anak kita. Untuk itu, pilihlah nama yang mengandung doa/harapan yang bagus sesuai harapan yang kita cita-citakan.

Minimal dua kata, namun jangan terlalu panjang
Jangan memberikan nama anak yang hanya terdiri atas satu kata. Di zaman dulu memberi nama anak dengan satu kata dirasa lebih simpel dan mudah, namun di zaman modern seperti sekarang ini, hal tersebut akan sedikit menjadi hambatan ketika anak kita mengurus paspor ataupun visa yang notabene menyediakan dua form nama, yaitu first name dan last name.

Ketahui artinya
Sebagai orang tua yang memberikan nama, tentu saja kita harus tahu arti nama yang kita berikan tersebut. Jangan hanya terpaku pada bantuk/pengucapan nama yang bagus saja, namun memiliki arti yang kurang bagus.

Jangan memakai nama artis
Mungkin banyak dari kalangan masyarakat kita yang gemar menamai anaknya dengan nama artis yang sedang naik daun. Perlu Anda ketahui bahwa ketenaran sang artis tersebut tidaklah berlangsung lama, bahkan bisa saja sang artis tersebut secara mendadak tersangkut kasus yang memalukan, sebut saja narkoba ataupun yang lainnya. Untuk itu, jangan memberikan nama artis yang sedang tenar pada anak kita, dengan harapan anak kita kelak dapat menjadi dirinya sendiri.

Itulah sedikit tips yang saya rangkum dari beberapa sumber, semoga bisa mengurangi kebingungan Anda ketika mencarikan nama untuk calon buah hati Anda. (Arie Kurniawan)

Advertisements

3 thoughts on “Pedoman Memilih Nama untuk Anak”

  1. Pernah baca soal nama anak-anak kekinian di Mojok[dot]co. Artikelnya bikin ngakaklah pokoknya…Btw anak-anakku dua2nya dikasih nama Jawa sekali sama bapaknya: Putrama Alun Tulodho dan Putriku Lintang Lelaku. Banyak temen yang bilang “ih elo niru-niru Melly Goeslow ya yg anak-anaknya dinamain unik2 khas Indonesia gitu.” Hehehehe…..

    Erlangga lucu banget siiiih jadi gemes deh pengen cubit-cubit….

    Like

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s