Sebentar Lagi, Pelanggar Yellow Box Junction (YBJ) Akan Ditindak

DALAM tulisan beberapa waktu yang lalu di blog ini, saya pernah membahas tentang fungsi Yellow Box Junction (YBJ) yang ada di beberapa persimpangan di kota Solo. Dan enam bulan lagi, Satlantas Polresta Solo berencana akan menindak tegas bagi siapa saja yang melanggar ketentuan YBJ.

Sekadar mengingatkan, YBJ adalah jenis marka jalan yang berguna untuk mencegah kepadatan lalu lintas akibat tersendatnya arus lalu lintas. YBJ biasa ditempatkan di persimpangan-persimpangan yang padat. Saat arus lalu lintas padat dan tersendat di sebuah persimpangan, banyak pengendara yang tetap menerobos kepadatan tersebut dengan alasan traffic light telah menyala hijau, padahal di dalam YBJ masih ada kendaraan yang tersendat. Dengan adanya YBJ ini, pengendara diharapkan tetap harus berhenti bila masih ada kendaraan lain yang berada di kotak YBJ, walaupun traffic light sudah menyala hijau. Bila ada yang melanggar akan mendapatkan tilang, karena dianggap melanggar marka jalan.

ybjsriwedari.jpg
Yellow Box Junction Sriwedari, Solo. (Foto: https://asedino.wordpress.com)

Seperti yang dilansir oleh Timlo.Net, Satlantas Solo melalui Kasatlantas AKP Prayudha Widiatmoko, menilai bahwa masyarakat masih perlu pemahaman yang cukup akan fungsi YBJ, sehingga masih perlu waktu untuk memberlakukan sanksi bagi pelanggarnya. Dan waktu enam bulan tersebut diterangkannya akan difokuskan untuk kegiatan sosialisasi fungsi YBJ kepada masyarakat. Salah satu bentuk sosialisasi tersebut adalah pembuatan video edukasi tentang YBJ yang akan ditayangkan di sekolah-sekolah, kampus, hingga masyarakat umum.

Jika menilik pada Undang-Undang No. 22 Tahun 20009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, pelanggar marka jalan akan dikenakan denda maksimal Rp500.000,- atau pidana kurungan dua bulan penjara. Adapun titik-titik lokasi YBJ di kota Solo antara lain terdapat di persimpangan Purwosari, Gendengan, Sriwedari, Ngapeman, Pasar Pon, Nonongan, Warung Pelem, Pedaringan, Sekarpace, UNS, Fajar Indah, Giri Mulyo, Sumber, Komplang, Genengan, Mojosongo, dan Ring Road Mojosongo.

Semoga ini menjadi salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menekan angka kecelakaan di jalan. Dan bagi kita pengguna jalan, sudah sepantasnya peduli dan menyambut baik rencana tersebut. Karena bagaimanapun juga, keselamatan berlalu lintas menjadi tanggunjg jawab kita bersama. Semoga. (Arie Kurniawan)

Advertisements

5 thoughts on “Sebentar Lagi, Pelanggar Yellow Box Junction (YBJ) Akan Ditindak”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s