Sekaten dan Kenangan Masa Kecil

JELANG perayaan Maulud Nabi seperti sekarang ini, di Kota Solo lazim digelar hiburan pasar malam yang bertempat di alun-alun utara Keraton Kasunanan Surakarta. Pasar malam yang biasa disebut Sekaten ini, biasanya digelar selama sebulan sampai pada perayaan puncak Grebeg Mulud yang digelar tepat di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bagi warga Solo yang sudah tidak anak-anak lagi, Sekaten lekat sekali dengan nostalgi. Mendengar kata Sekaten, pasti ingatan mereka akan langsung tertuju pada memori masa kanak-kanak dulu sewaktu menyaksikan Sekaten.

sekaten-night-theme-park.jpg
Aneka permainan dalam sekaten. (Foto: https://jejak-bocahilang.com)

Sekaten berasal dari kata syahadatain yang berarti dua kalimat syahadat. Acara Sekaten konon didesain oleh Wali Songo untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai media dakwah Islam kala itu.

Seperti pasar malam pada umumnya, Sekaten banyak disesaki para pedagang yang berasal dari berbagai daerah. Ada pedagang pakaian, perabot rumah tangga, aksesoris, dan tentu saja kuliner. Selain itu Sekaten juga menyuguhkan aneka permainan  anak yang jarang sekali ditemui di luar acara Sekaten, misalnya kodhok-kodhokan (kodok mainan), kapal othok-othok (kapal uap), aneka tembikar mainan/celengan, dan sebagainya. Untuk kuliner, makanan khas yang identik dengan sekaten adalah arum manis dan brondong warna-warni terbuat dari beras dengan aneka bentuk menarik.

Itulah Sekaten yang selalu mempunyai daya tarik, terutama bagi anak-anak. Meski perlahan greget pasar malam ini seakan luntur dimakan zaman, semoga kecerian anak-anak dalam menyambutnya tidak akan sirna. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s