Asal Mula Peringatan Hari Ibu

TEPAT di hari ini, tanggal 22 Desember, masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Ibu. Awal kisah Hari Ibu di Indonesia berawal dari peristiwa Kongres Perempuan Indonesia I di Yogyakarta pada tanggal 22–25 Desember 1928. Kongres tersebut diikuti oleh para pejuang wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. Salah satu hasil kongres tersebut adalah terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Perempuan Indonesia (Kowani).

happy-mothers-day
Selamat Hari Ibu. (Foto: https://goaupairphiladelphia.wordpress.com)

Penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu sendiri baru diputuskan pada Kongres Perempuan Indonesia III di tahun 1938. Dan hal ini dikuatkan dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden No. 316 Tahun 1959 oleh Presiden Soekarno. Penetapan Hari Ibu ini diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita seperti Cut Nyak Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Dewi Sartika, dan sebagainya.

Di era kini, peringatan Hari Ibu dimaknai sebagai momentum untuk mengungkapkan cinta dan rasa terima kasih kita pada sosok ibu yang telah melahirkan dan merawat kita sejak kecil. Selamat Hari Ibu buat semua! (Arie Kurniawan)

Advertisements

2 thoughts on “Asal Mula Peringatan Hari Ibu”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s