Saat Membonceng, Perhatikan Ujung Rok Anda

PERNAH saya punya pengalaman, kira-kira beberapa tahun yang lalu tepatnya di sekitar jembatan Bacem, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, saya melihat seorang ibu yang sedang membonceng kendaraan bermotor dengan rok panjang yang hampir masuk ke putaran sprocket belakang motor tersebut. Dilihat dari cara berpakaiannya, sepertinya ibu tersebut hendak pergi ke acara resepsi pernikahan. Saya yang juga sedang berkendara saat itu kemudian segera mengejar motor yang membawa ibu tersebut dan memberi tahu bahwa ujung roknya hampir masuk sprocket motor. Laki-laki yang memboncengkan ibu tersebut lalu perlahan meminggirkan kendaraannya dan ibu tersebut membenahi ujung roknya.

bonceng-rok.jpg
Membonceng memakai rok panjang, berbahaya. (Foto: https://massayur.wordpress.com)

Pengalaman tersebut adalah satu contoh, bahwa kadang kita melupakan hal sepele yang justru sebenarnya bisa membahayakan keselamatan kita di jalan. Kira-kira apa yang terjadi bila tidak ada seseorang yang memberitahu, dan ujung rok ibu tersebut masuk ke putaran sprocket?

Pengelaman diingatkan tentang keselamatan di jalan seperti itu juga pernah saya alami. Ceritanya, sekitar awal tahun 2012 saat saya bersama istri  sedang berboncengan pulang dari kawasan wisata di daerah Magetan, Jawa Timur, tanpa sengaja pashmina istri saya saat itu hampir masuk ke putaran roda belakang motor yang saya kendarai. Untunglah saat di Karanganyar kota ada seorang pengemudi mobil yang mengingatkan kami.

Dari contoh kejadian tersebut, bisa kita ambil pesan bahwa berkendara di jalan raya membutuhkan persiapan yang harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai saat berkendara, terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan karena hal-hal sepele, seperti masuknya ujung rok ke sprocket itu contohnya, dan sebagainya. Semoga bisa menjadi pengingat dan keep riding safely. (Arie Kurniawan)

Advertisements

3 thoughts on “Saat Membonceng, Perhatikan Ujung Rok Anda”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s