Telaga Claket Wonogiri, Pesona Tersembunyi bagi Pecinta Selfie

NAMA Telaga Claket bukanlah nama yang asing bagi mereka yang tinggal di sekitar perbatasan Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri, Jawa Tengah. Meski belum banyak dikenal orang, sudah banyak foto di media sosial, terutama Instagram yang menampilkan keindahan telaga ini dengan berbagai sudut kamera dan suasananya.

Sekadar mengonfirmasi, telaga Claket terletak di Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Selama ini banyak media yang salah kaprah menulis bahwa Telaga Claket terletak di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Memang, tak jauh dari Telaga Claket ada sebuah bendungan yang bernama Dam Colo, dan di situlah perbatasan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri.

Kamis (24/12) sore kemarin, saya berkesempatan mengunjungi kembali Telaga Claket bersama adik kandung saya yang waktu itu rencananya hendak mengambil beberapa jepret foto di lokasi tersebut.

Akses menuju Telaga Claket cukup mudah. Dari jalan raya Sukoharjo – Wonogiri (tepatnya di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo) kita hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit berkendara. Bila kita lewat jalur ini, kita akan melintasi terlebih dahulu sebuah bendungan bernama bendungan Colo yang terletak di desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Perjalanan dari bendungan Colo menuju Telaga Claket pun tak membutuhkan waktu lama. Sepanjang perjalanan singkat tersebut kita akan disuguhi pemandangan hutan di perbukitan yang sangat asri. Namun sayang infrastruktur jalan di kawasan ini belum sepenuhnya terkelola dengan baik, jadi masih ada beberapa bagian jalan yang rusak. Berhati-hatilah saat melintasinya.

Setelah sampai di Telaga Claket, hamparan telaga seluas 1 hektar dengan latar perbukitan hijau akan kembali membuat mata kita terpesona. Di sisi selatan danau terdapat sebuah papan dermaga yang menjadi ikon Telaga Claket. Di sinilah tempat favorit para penghobi selfie.

Selain dermaga tersebut, baru-baru ini juga disediakan oleh pengelola sebuah rakit artistik juga gazebo di tepi telaga yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Hanya dengan membayar retribusi sebesar Rp5.000, Anda bisa berfoto dan mengeksplorasi tempat tersebut sepuasnya. Namun ingat, tetap utamakan kebersihan dan etika ya. Anda tertarik? (Arie Kurniawan)

Advertisements

7 thoughts on “Telaga Claket Wonogiri, Pesona Tersembunyi bagi Pecinta Selfie”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s