Asal Mula Nama Sarinah, Jakarta

BEBERAPA jam yang lalu kawasan Sarinah, Jakarta Pusat diguncang teror bom dengan beberapa orang menjadi korban. Saat tulisan ini dibuat polisi masih mensterilkan lokasi dan memburu para pelaku yang konon sempat melarikan diri. Tulisan ini bukan untuk membahas teror bom tersebut, namun saya lebih tertarik untuk membahas asal usul nama Sarinah yang mungkin Anda juga belum mengetahuinya.

sarinah70an.jpg
Pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta di tahun 1970-an. (Foto: Pinterest)

Menurut situs Wikipedia, Sarinah adalah pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Gedungnya dibangun tahun 1963 dan diresmikan oleh Presiden Soekarno di tahun 1967. Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Soekarno pada masa kecil. Gagasan pembangunan pusat perbelanjaan ini muncul menyusul lawatan Soekarno ke sejumlah negara yang sudah lebih dulu memiliki pusat belanja modern. Pembangunan pusat perbelanjaan tersebut dimaksudkan Soekarno untuk memenuhi kebutuhan rakyat dalam mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan harga murah tapi dengan kualitas yang bagus.

Lewat tulisan ini, saya menyampaikan duka cita yang mendalam pada pihak-pihak yang menjadi korban dalam ledakan bom di Sarinah, Jakarta. Pray for Sarinah. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s