Lampion Pasar Gedhe, Magnet Tersendiri bagi Penyuka Selfie

SUDAH menjadi sebuah kebiasan setiap tahunnya, menjelang perayaan Imlek, kawasan Pasar Gede di kota Solo selalu bersolek dengan pernak-pernik lampion khas Imleknya. Pemandangan indah lampion Imlek tersebut tak ayal menarik minat para fotografer hingga warga biasa untuk mengabadikan atau sekadar ber-selfie ria dengan latar cahaya lampion yang menawan.

lampion2016.jpg
Lampion Pasar Gedhe, Solo. (Foto: Twitter Pemkot Solo)

Kawasan Pasar Gede Solo dikenal sebagai sebuah kawasan di kota Solo di mana mayoritas penduduknya berketurunan Tionghoa. Maka tak heran bila setiap tahunnya, perayaan Imlek di kota Solo selalu dipusatkan di kawasan ini. Selain itu di kawasan ini juga terdapat Klenteng Tien Kok Sie, sebagai rumah ibadah tempat memuja Awalokiteswara, bodhisatwa yang merupakan perwujudan sifat welas asih dari semua Buddha. Klenteng ini awalnya berada di Kartasura, yang kemudian dipindah seiring pembangunan Keraton Surakarta pada tahun 1745.

Untuk perayaan Imlek tahun ini, pemasangan lampion sudah dilakukan sekitar seminggu yang lalu. Dan saat tulisan ini ditulis, pemasangan lampion sudah mencapai 70%. Pemasangan lampion-lampion ini memang memerlukan waktu, sebab pemasangan hanya dilakukan saat malam hari di saat lalu lintas cenderung sepi. Selain itu kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi kendala tersendiri dalam proses pemasangan lampion-lampion ini. Dan Rabu (27/07) sore kemarin, sebagian lampu lampion tersebut telah mulai dinyalakan. Hal yang paling menarik minat warga adalah rangkaian lampu led berwarna biru yang melingkar di atas tugu jam Pasar Gedhe.

Pemkot Solo Perlu Mengakomodasi Para Peselfie

Melihat tingginya antusias warga untuk berfoto dengan latar belakang lampion-lampion tersebut, seharusnya direspons oleh Pemerintah Kota Solo dengan menutup sebagian jalan di kawasan tersebut terutama pada malam hari. Sebab berdasarkan pengalaman tahun-tahun yang lalu, tingginya animo warga Solo untuk berfoto di tempat ini, selalu menimbulkan kemacetan tersendiri bagi arus lalu lintas di kawasan tersebut. Jadi sudah waktunya Pemerintah Kota mengakomodasi kebutuhan para peselfie ini. Bukankah aktivias selfie mayoritas akan bermuara di sosial media, dan hal inilah yang mau tidak mau kita akui sebagai promosi gratis bagi kota Solo. (Arie Kurniawan)

Advertisements

3 thoughts on “Lampion Pasar Gedhe, Magnet Tersendiri bagi Penyuka Selfie”

  1. Wah bagus banget itu lampionnya, emang cocok banget kalo cuma mau selfie mah. eh, saya kok belum pernah ke pasar gede waktu imlek ya, kalo tahu ada lampion sekeren ini mah harus ke sana nih kalo ntar imlek, gak boleh dilewatkan.

    Liked by 1 person

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s