Bulan Maret, Tiga Ruas Jalan di Solo ini Akan Jadi Satu Arah

SETELAH Oktober lalu, Dishub Solo memberlakukan Sistem Satu Arah (SSA) pada ruas Jl. Pattimura Solo, bulan Maret mendatang Dishub Solo akan kembali memberlakukan peraturan SSA pada ruas-ruas jalan yang dianggap sudah tidak memenuhi syarat untuk jalan dua arah. Ruas jalan tersebut antara lain adalah ruas Jl. Dr. Radjiman, yaitu dari Bundaran Baron hingga Pasar Jongke (timur ke barat), Jl. Perintis Kemerdekaan (utara ke selatan), dan Jl. KH Agus Salim (selatan ke utara).

bundaranbaron.jpg
Bundaran Baron, Solo. (Foto: Wikimapia)

Bagi Anda yang tidak hafal dengan nama-nama jalan tersebut, berikut saya berikan penjelasannya.

  • Jalan Dr. Radjiman adalah ruas jalan yang memanjang dari Pasar Klewer ke arah barat (Singosaren) hingga Pasar Jongke. Sebelumnya sebagian jalan ruas Jl. Dr. Radjiman sudah berlaku SSA, yaitu mulai dari Pasar Klewer hingga Bunderan Baron. Dengan peraturan baru tersebut berarti, sistem satu arah Jl. Radjiman diperpanjang hingga Pasar Jongke.
  • Sementara Jl. Perintis Kemerdekaan adalah ruas jalan yang terdapat di sebelah timur Solo Center Point. Di ruas jalan ini akan diberlakukan SSA dari utara ke selatan.
  • Ruas jalan yang ketiga adalah Jl. KH. Agus Salim, yaitu ruas jalan yang ada di depan kampus UNIBA Solo. Jalan ini akan diberlakukan SSA dari selatan ke utara.

Sebagai pendukung upaya rekayasa lalu lintas yang baru tersebut, Dishub Solo akan memasang sejumlah rambu pendukung termasuk rencana akan menghilangkan Bundaran Baron dan menggantinya dengan traffic light. (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s