Yuk, Bikin Sendiri Alat Sederhana Pengamat Gerhana Matahari

SEPERTI banyak diberitakan, bahwa tanggal 9 Maret 2016 esok akan ada peristiwa gerhana matahari total yang bisa disaksikan di beberapa kota di Indonesia. Ada banyak cara aman yang bisa dilakukan untuk melihat gerhana matahari ini. Seperti kita tahu, bahwa melihat gerhana matahari secara langsung tanpa pelindung mata, dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata. Maka untuk menikmati gerhana matahari dengan aman, salah satunya adalah dengan menggunakan sebuah alat sederhana yang biasa disebut kotak lubang jarum. Langsung saja kita ikuti langkah-langkah pembuatannya yang saya ambil dari situs langitselatan.com.

Alat dan Bahan

  1. Kaleng bekas minuman
  2. Kertas HVS putih
  3. Kertas kardus
  4. Kardus bekas (seukuran kardus sepatu)
  5. Isolasi/lakban
  6. Push pin
  7. Gunting dan cutter.

Cara Membuat

  1. Potonglah kaleng bekas minuman menggunakan cutter, kemudian gunting untuk mendapatkan selembar aluminium foil. Potonglah lembaran aluminum foil tersebut menjadi bentuk persegi. Bagian aluminium foil yang dipakai hanya seukuran lubang paku (push pin), sehingga dalam satu kaleng minuman dapat digunakan untuk beberapa kamera lubang paku.
  2. Ambillah kertas kardus dari kardus bekas. Buat pola persegi yang ukurannya lebih kecil dari pola aluminium foil. Lubangi bagian pola tersebut kemudian tempelkan aluminium foil tersebut menutupi lubang pada kertas kardus tersebut. Lubangi aluminum foil menggunakan push pin.
  3. Ambillah kardus dengan ukuran minimal sebesar kardus bekas bungkus sepatu. Buanglah salah satu sisi kardus tersebut, kemudian tempelkan kertas ber-aluminum foil yang telah dibuat pada langkah nomor 2 pada sisi tersebut.
  4. Pada sisi yang berlawanan dengan sisi ber-aluminum foil tersebut, tempelkan bagian dalamnya, selembar kertas HVS yang berfungi sebagai layar.
  5. Buatlah lubang pengintai untuk mengamati hasil proyeksi yang tertangkap pada kertas HVS tersebut. Besarnya lubang disesuaikan dengan kebutuhan dan jangan terlalu bersar. Hal ini agar ruang di dalam kotak kardus tetap gelap, sehingga akan terlihat jelas proyeksi bayangan yang tertangkap oleh kertas HVS.

Cara menggunakan alat sederhana ini adalah dengan menghadapkan sisi ber-aluminium foil ke arah matahari. Cahaya matahari akan menerobos lubang paku dan terproyeksikan pada kertas HVS. Aturlah posisi kardus agar proyeksi matahari tepat jatuh pada kertas HVS. Amatilah bayangan proyeksi matahari itu lewat lubang pengintai di sisi kardus. Mudah bukan? Selamat mencoba! (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s