Ketika Hijab Harus Syar’i Sekaligus Safety

BERHIJAB adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh semua muslimah. Berhijab pun tak sekadar mengenakan hijab. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi yang tentunya hal itu tidak akan saya bahas pada tulisan ini. Ketika seorang muslimah dituntut untuk mengindahkan perintah agama (berhijab), ada risiko-risiko fatal yang bisa timbul akibat pemakaian jilbab yang keliru, terutama saat di jalan raya.

hijabnonsafety.jpg
Berhijab tanpa memperhatikan faktor keselamatan. (Foto: https://ainuamri.wordpress.com)

Saya kebetulan pernah tinggal di lingkungan kampus, di mana ada banyak mahasiswinya yang menggunakan hijab gede (bukan hijab gaul) plus busana gamisnya yang panjang. Saya sering iseng mengamati perilaku mbak-mbak tersebut ketika berkendara. Tak jarang ketika mereka berkendara, ada kondisi di mana risiko untuk celaka terbuka sangat lebar, sebagai contoh hampir masuknya ujung rok mereka ke putaran roda atau sprocket dan rantai. Bagi yang membonceng, tak jarang pula untaian hijabnya sampai menutupi stop lamp kendaraan. Dan ini fatal.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya sakadar mengajak mbak-mbak berhijab gede atau siapapun untuk selalu mempersiapkan dengan matang ketika hendak berkendara. Dengan kata lain, berkendara tidak hanya asal tarik gas, namun juga perlu mengecek kembali cara berpakaian kita, surat-surat kendaraan kita, dan tentu kondisi kendaraan kita.

Jadi kesimpulannya berhijab selain harus syar’i juga wajib safety, apalagi saat kita di jalan raya. Semoga bermanfaat. Salam! (Arie Kurniawan)

*Disclaimer: tulisan ini bukan bermaksud untuk mendiskreditkan pihak-pihak tertentu. Tulisan ini adalah murni pandangan saya mengenai fenomena di jalan raya yang tak jarang saya temui.

Advertisements

3 thoughts on “Ketika Hijab Harus Syar’i Sekaligus Safety”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s