Contra Flow, Upaya Mengatasi Kemacetan di Solo

ADA yang menarik dengan kebijakan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) di Kota Solo. Dari sekitar 10 ruas jalan yang ada di Kota Solo, baik yang telah diberlakukan SSA maupun yang belum, 5 di antaranya telah dan akan diberlakukan sistem contra flow (lawan arus). Saat ini yang sudah terealisasi adalah contra flow di ruas Jalan Pattimura dan Jalan Dr. Radjiman yang mulai berlaku hari ini (17/03). Akan menyusul SSA dengan contra flow, yaitu di ruas Jalan Slamet Riyadi, Jalan Dr. Wahidin, serta Jalan Yosodipuro.

Contra flow adalah keadaan di mana kendaraan menggunakan tambahan lajur yang diambil dari lajur dengan arah yang berlawanan. Umumnya keputusan contra flow diambil oleh pihak berwenang sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan.

Contra flow di Kota Solo berlaku untuk kendaraan tertentu, yaitu angkutan umum massal seperti bus kota dan angkutan kota. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan layanan angkutan umum serta mendorong masyarakat agar beralih ke angkutan umum. Sebab tak bisa dimungkiri, di zaman dengan jumlah kendaraan pribadi yang cukup tinggi ini, kemacetan merupakan sebuah masalah yang hampir pasti dialami oleh sebuah kota yang berkembang. Untuk itu perlu langkah berani dari pemangku kebijakan agar kemacetan bisa diminimalisasi. Salah satunya dengan kebijakan contra flow ini. Semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

Advertisements

4 thoughts on “Contra Flow, Upaya Mengatasi Kemacetan di Solo”

  1. apik sih mas konsepe iki.. cuma perlu sosialisasi dan rambu jadi pengguna jalan sik nembe pertama lewat ora kaget.. 😀

    koyo busway transjakarta kae aku yo luwih setuju nek arah saiki diwalik, jadi sik nekat mlebu kalur busway kudu siap adu banteng.. 😆

    Liked by 1 person

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s