Mengunjungi Stasiun Pasarnguter di Era “Batara Kresna”

PADA Oktober 2014 silam saya pernah menulis tentang Stasiun Pasarnguter, Sukoharjo yang meski saat itu sedang tidak digunakan, kondisinya kalau boleh saya bilang cukup bersih dan terawat. Rangkuman pengalaman berkunjung ke Stasiun Pasarnguter, Sukoharjo tersebut bisa Anda baca pada tulisan saya di sini.

Nah, hari Minggu (3/4) kemarin saya berkempatan mengunjungi kembali Stasiun Pasarnguter yang memang tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya di Selogiri, Kab. Wonogiri. Berbeda dengan kunjungan saya sebelumnya, pada kunjungan saya tempo hari, kondisi stasiun cukup ramai dengan beberapa staf, sebab seperti kita tahu bahwa Stasiun Pasarnguter sejak bulan Februari 2015 merupakan salah satu stasiun yang dilewati raibus Batara Kresna jurusan Solo Purwosari–Wonogiri. Kebetulan saat saya berkunjung kemarin sekitar jam 11-an siang, maka saya dapat menyaksikan momentum Railbus Batara Kresna singgah sejenak di Stasiun Pasarnguter untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Di kesempatan kemarin saya sempat berbincang dengan beberapa staf di stasiun tersebut. Ada Bapak Ambyah selaku Kepala Stasiun Pasarnguter, serta dua orang sekuriti, dan seorang Petugas Penilik Jalan (PPJ) kereta api yang saat itu telah selesai menjalankan tugasnya. Dari salah seorang sekuriti tersebut, saya mendapat informasi bahwa setiap hari disediakan sekitar 20–25 tiket keberangkatan railbus dari Stasiun Pasarnguter, Sukoharjo. Pembelian tiket sudah bisa dilayani maksimal tiga jam sebelum keberangkatan.

Pascaberoperasinya Railbus Batara Kresna jurusan Solo Purwosari–Wonogiri seharusnya bisa ditangkap sebagai peluang oleh warga sekitar. Menurut penuturan Bapak Ambyah, di sekitar stasiun belum ada jasa penitipan sepeda/sepeda motor. Hanya ada tempat parkir sempit, dan itupun digunakan untuk parkir para staf stasiun.

Peluang ini sudah seharusnya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar dengan membuka penitipan sepeda/sepeda motor. Meski tidak akan mendatangkan omzet yang besar mengingat jumlah penumpang railbus yang terbatas, paling tidak hal ini dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi warga Kec. Nguter dan sekitarnya yang hendak jalan-jalan ke Kota Solo menggunakan railbus. Ya semoga saja perbaikan dalam hal fasilitas pendukung segera terwujud mengingat animo masyarakat cukup tinggi akan railbus ini, terutama saat hari libur. Semoga. (Arie Kurniawan)

UPDATE: Jadwal keberangkatan Railbus Batara Kresna terbaru (per April 2017) bisa disimak di sini.

Add your comments!

