Mengurus Perpanjangan SIM di Satlantas Wonogiri

SABTU (2/4) kemarin, saya berkesempatan menemani istri untuk mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Satlantas Polres Wonogiri. Kami sengaja mengurusnya sendiri (tanpa bantuan calo). Selain untuk menambah pengalaman kami, juga untuk meminimalisasi biaya yang harus kami keluarkan. Dan berikut urutan tata cara pengurusan tersebut.

  1. Untuk mengajukan perpanjangan SIM, syarat pertama yang harus Anda persiapkan adalah fotokopi KTP dan fotokopi SIM lama masing-masing dua lembar. Jangan lupa masukkan ke dalam stopmap warna abu-abu. Bila Anda tidak sempat mempersiapkan persyaratan tersebut, Anda bisa memfotokopinya dan membeli stopmap di tukang fotokopi di sekitar kantor Satlantas Polres Wonogiri.
  2. Setelah persyaratan yang dimasukkan ke dalam stopmap siap, Anda diharuskan mengantre untuk menunggu giliran tes kesehatan. Tempat tes kesehatan ada di depan kantor Satlantas Polres Wonogiri. Kumpulkan fotokopi KTP dan SIM lama Anda beserta stopmap di meja yang tersedia untuk kemudian dipanggil dan menjalani tes kesehatan serta foto KIR. Pada sesi tes kesehatan ini, yang dites hanyalah kesehatan mata, dan itupun hanya formalitas. Jadi Anda tak perlu khawatir akan dites kesehatan secara menyeluruh. Biaya untuk tes kesehatan dan foto ini adalah Rp32.000. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan surat keterangan telah menjalani tes kesehatan (berkas warna kuning) yang turut dimasukkan ke dalam stopmap Anda sebelumnya.
  3. Setelah tes kesehatan selesai, Anda diharuskan menuju kantor Satlantas Polres Wonogiri (di seberang jalan tempat tes kesehatan) untuk segera menuju loket bank BRI dan melakukan pembayaran. Pembayaran di loket BRI ini sesuai dengan tarif resmi pemerintah menurut PP No. 50 Tahun 2010 di mana untuk perpanjangan SIM C dikenai biaya sebesar Rp75.000.
  4. Setelah melakukan pembayaran di loket BRI, Anda diharuskan menuju loket III untuk mendapatkan formulir untuk diisi di tempat dengan menunjukkan berkas di dalam stopmap beserta KTP asli Anda. Kemudian isilah formulir tersebut sesuai contoh yang ada di dinding ruang antrean.
  5. Setelah formulir selesai diisi dengan benar, pergilah ke loket IV untuk mengambil nomor antrean. Jangan lupa tuliskan nomor antrean Anda pada stopmap Anda tersebut untuk kemudian diserahkan ke loket IV.
  6. Setelah stopmap Anda serahkan ke loket IV, tunggulah giliran Anda untuk melakukan foto SIM sesuai nomor antrean Anda. Setelah tiba giliran Anda, Anda akan menjalani foto SIM di ruang foto.
  7. Setelah selesai tunggulah giliran Anda untuk mengambil SIM baru Anda yang sudah jadi. Setelah dipanggil nama Anda, ambillah SIM baru Anda di loket pengambilan SIM. Jangan lupa mengisi data diri Anda pada buku yang disediakan, sebagai bukti Anda telah menerima SIM baru Anda.

Setelah semua prosedur selesai, di area parkir kantor Satlantas Wonogiri biasanya akan ada seorang tukang laminasi yang setengah memaksa, meminta Anda untuk melaminanasi SIM baru Anda. Nah, di sini Anda tak perlu takut untuk menolak. Bila memang Anda tidak berniat melaminasi SIM baru Anda, tolaklah dengan tegas. Si tukang laminasi tersebut memang terkesan memaksa, tapi perlu Anda ketahui melaminasi SIM tidak ada dasar hukumnya jadi Anda jangan takut untuk menolak, seperti yang saya lakukan kemarin.

Itulah sedikit share pengalaman saya, semoga bermanfaat. Salam! (Arie Kurniawan)

tarifsim.jpg
Tarif resmi Penerimaan Negara Bukan Pajak menurut PP No. 50 Tahun 2010. (Foto: https://widhawati.blogdetik.com)
Advertisements

13 thoughts on “Mengurus Perpanjangan SIM di Satlantas Wonogiri”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s