Sayur Lompong: Sebuah Nostalgia

LOMPONG adalah istilah orang Jawa untuk menyebut tumbuhan keladi (Caladium) atau talas. Tumbuhan lompong ini banyak terdapat di Pulau Jawa dan memiliki jenis yang beragam, namun jenis yang biasa diolah dan dibuat sayur adalah jenis lompong sayur yang memiliki batang berwarna putih dan biasa ditanam oleh petani. Bagian batang tumbuhan inilah yang dibuat sayur. Di perkotaan mungkin kita akan sedikit kesulitan menemukan lompong jenis ini, namun di pasar-pasar tradisional di pedesaan, kita masih bisa mendapatkannya dengan mudah dengan harga yang murah.

Entah sudah berapa tahun tepatnya saya tidak menikmati sedapnya sayur lompong ini. Biasanya dulu sewaktu masih tinggal di daerah, yaitu Kab. Grobogan sekitar akhir 80-an, nenek sayalah yang sering membuatnya untuk saya. Sewaktu kecil saya memang pernah beberapa tahun diasuh oleh nenek, jadi beliaulah yang mengenalkan saya dengan sayur lompong ini. Biasanya nenek dulu mengolah batang lompong dengan santan. Tekstur batang yang lembut dan berongga memudahkan meresapnya bumbu-bumbu ketika dimasak, hal inilah yang membuat batang lompong ini lezat dan lembut di lidah ketika dibuat sayur.

sayurlompong.jpg
Sayur lompong yang siap disantap. (Foto: https://diahdidi.com)

Hampir 30 tahun masa-masa itu berlalu. Kenangan tentang sayur lompong dan nenek pun serasa kembali menyeruak. Semoga dalam waktu dekat, saya akan bisa kembali menikmati lezatnya sayur lompong meski bukan buatan nenek mengingat usia beliau sekarang yang sudah sangat senja dan rasanya tak mungkin lagi memasak untuk saya. Semoga. (Arie Kurniawan)

Advertisements

One thought on “Sayur Lompong: Sebuah Nostalgia”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s