Review Singkat Kunjungan Empat Hari di Kota Bogor (Bag. I)

TANGGAL 20–22 April 2016 kemarin, saya dan puluhan teman satu kantor mendapat tugas untuk menghadiri Rapat Kerja Review dan Revisi Buku Teks Pelajaran SMA/MA Peminatan Berdasarkan Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Tahun 2016 di Bogor, Jawa Barat. Bagi seorang blogger seperti saya, kesempatan mengikuti perjalanan dinas seperti itu tentu akan menjadi pengalaman berharga yang bisa diabadikan dalam sebuah tulisan blog. Beruntung di sela-sela rapat kerja yang agendanya cukup padat tersebut, saya masih sempat mengunjungi beberapa tempat menarik di Kota Bogor yang sedikit banyak memberikan inspirasi. Dan berikut review-nya untuk Anda.

Taman Perlintasan

Taman Perlintasan berlokasi di perempatan Jl. Pajajaran dan Jl. Jalak Harupat, Bogor. Menurut seorang penjual koran di sekitar taman, Taman Perlintasan dibangun pascaterpilihnya Walikota Bogor yang baru, Bima Arya. Satu yang menjadi ikon taman ini adalah signage tulisan B-O-G-O-R yang sangat mendukung untuk selfie dan foto-foto.

taman-perlintasan.jpg
Taman Perlintasan, Bogor. (Foto: Dok. pribadi)

Underpass Penyeberangan

Underpass penyeberangan ini terletak di sebelah utara Tugu Kujang, tepatnya di Jl. Pajajaran. Menurut warga sekitar yang sempat saya temui, underpass ini sudah ada sejak zaman Presiden Megawati namun kondisinya sangat kumuh. Baru setelah kepemimpinan Walikota Bima Arya, underpass ini disulap menjadi galeri seni yang artistik. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, ada sejumlah band lokal yang ‘ngamen’ di lokasi tersebut secara akustik.

underpass.jpg
Tampak dalam lorong underpass. (Foto: Dok. pribadi)

Tugu Kujang

Tugu Kujang selama ini telah menjadi landmark Kota Bogor. Tugu Kujang terletak tak jauh dari gerbang tol Jagorawi arah masuk ke Kota Bogor. Tinggi Tugu Kujang sekitar 25 meter yang dibangun pada tahun 1982 saat Kota Bogor dipimpin oleh Walikota Ahmad Sobana. Jika Anda berkunjung ke Kota Bogor, tak lengkap rasanya bila tidak ber-selfie dengan latar belakang tugu ini.

tugu-kujang.jpg
Menyempatkan selfie di Tugu Kujang. (Foto: Dok. pribadi)

Vihara Dhanagun

Vihara Dhanagun atau yang dikenal dengan nama Hok Tek Bio terletak di Jl. Surya Kencana No.1 Kelurahan Babakan Pasar, Bogor Timur. Vihara ini terletak strategis di tengah kota sehingga mudah dijangkau dengan angkutan umum. Vihara Dhanagun sampai saat ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah untuk 3 agama dan aliran kepercayaan di Bogor, yaitu Tao, Konghucu, dan Buddha.

vihara-dhanagun.jpg
Vihara Dhanagun, Bogor. (Foto: Dok. pribadi)

Plaza Bogor

Plaza Bogor terletak bersebalahan dengan Vihara Dhanagun. Seperti kebanyakan plaza pada umumnya, Plaza Bogor menyediakan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan warga Bogor, terutama sandang.

plaza-bogor.jpg
Plaza Bogor. (Foto: Dok. pribadi)

Kebun Raya

Nama Kebun Raya Bogor tentu sudah sering Anda dengar. Pintu utama kebun raya terletak tak jauh dari komplek Vihara Dhanagun, Plaza Bogor, serta Pasar Bogor. Tiket masuk kebun saya saat ini adalah Rp14.000.

kebun-raya.jpg
Pintu utama Kebun Raya Bogor. (Foto: Dok. pribadi)

Itulah beberapa tempat menarik yang sempat saya kunjungi di sela-sela acara rapat kerja tempo hari. Masih ada beberapa tempat menarik lagi yang akan saya ulas sedikit di kesempatan selanjutnya. Salam. (Arie Kurniawan)

Advertisements

2 thoughts on “Review Singkat Kunjungan Empat Hari di Kota Bogor (Bag. I)”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s