Marak, Pedagang Laser Hijau di Pinggir Jalan

SEKITAR satu bulan terakhir ini, ketika pulang malam dari tempat kerja, banyak saya jumpai pedagang laser sorot berwarna hijau atau yang biasa disebut green laser pointer di pinggir-pinggir jalan yang saya lewati. Keberadaan pedagang ini akan mudah kita deteksi dari jauh lewat sorot laser berwarna hijau yang menjulang ke langit.

Tren green laser pointer ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, namun sampai di pertengahan tahun 2016 ini permintaan akan green laser pointer masih tergolong tinggi. Seri green laser pointer 303 merupakan jenis yang banyak diperjualbelikan di pasaran. Dengan kemampuan sorot antara 3–5 km, green laser pointer ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti naik gunung, keperluan astronomi (untuk menunjuk posisi rasi bintang), keperluan clubbing, keperluan proyek (dipakai oleh mandor bangunan), dan sebagainya.

greenlaser.jpg
Sorot hijau green laser pointer. (Foto: https://dhresource.com)

Meski dijual secara bebas dan memiliki beberapa fungsi, diperlukan sikap bijak dari pengguna green laser pointer ini. Karena selain dapat merusak penglihatan bila sering terkena mata secara langsung, green laser pointer ini juga dapat menganggu sistem penerbangan di sekitar bandara bila disalahgunakan. Untuk itu sudah selayaknya bila kita lebih mengedepankan manfaat daripada mudaratnya. Bila memang kita tidak membutuhkannya, rasanya tak perlu kita ikut-ikutan membeli hanya agar tetap disebut kekinian. Semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

Advertisements

8 thoughts on “Marak, Pedagang Laser Hijau di Pinggir Jalan”

  1. di sukabumi juga banyak mas…mulai rame nih..kaya jaman saya masih kecil..dulu rame juga laser..cuma warnanya masih merah..dan jaraknya paling 10meter..nah yg ijo ini jauh banget jarak tembaknya…

    Like

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s