Inilah Kode Etik Merekam “Telolet” Bus

SEPERTI yang telah saya tulis pada posting beberapa hari lalu di blog ini, fenomena pemburu telolet saat ini tengah menjadi tren. Sebenarnya hal ini bukanlah sebuah fenomena baru. Setidaknya selama setahun terakhir menurut pengamatan saya sewaktu di jalan, fenonema pemburu foto dan klakson bus ini sudah ada di tengah masyarakat kita. Hanya saja, belakangan rupanya media telah sedikit menaruh perhatian pada aktivitas mereka sehingga mulai banyak pula masyarakat yang menyorotinya.

telolet.jpg
Ramai-ramai memfoto/merekam aktivitas bus. (Foto: https://afatbenz.com)

Dalam sebuah komunitas, biasanya ada hal-hal yang telah disepakati sebagai sebuah aturan tak tertulis. Begitu juga dengan komunitas pemburu telolet bus ini, khususnya pada sebuah komunitas pecinta bus yang ada di Ungaran, yaitu UBL (Ungaran Bus Lover).  Kompas.Com dalam sebuah artikel penelusurannya hari ini (12/05) menyebutkan, paling tidak ada tiga kode etik yang harus ditaati oleh pemburu telolet bus ini.

Aturan yang pertama adalah dilarang memakai flash saat memfoto/merekam bus. Flash dari kamera dikhawatirkan dapat menganggu sang sopir dalam mengendalikan busnya. Aturan yang kedua adalah tidak boleh terlalu dekat dengan jalan raya. Hal ini tentu berkaitan langsung dengan faktor keselamatan. Tapi dalam praktinya masih banyak dari anak-anak ini yang rupanya kurang mengindahkan kode etik kedua ini. Selanjutnya yang ketiga adalah dilarang meminta telolet kepada sang sopir baik dengan isyarat maupun dengan lisan. Aturan yang ketiga ini rupanya juga masih banyak yang melanggarnya. Masih banyak di kalangan telolet hunter yang tetap memberikan  isyarat dan permintaan lisan pada sang sopir.

Itulah kode etik yang selama ini beredar di kalangan anak-anak pecinta bus khusnya yang ada di Ungaran, Kab. Semarang. Semoga menambah wawasan kita. (Arie Kurniawan)

Advertisements

6 thoughts on “Inilah Kode Etik Merekam “Telolet” Bus”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s