Vespa Gembel, Sebuah Fenomena

INILAH satu fenonema di jalan raya Indonesia. Orang menyebutnya vespa gembel atau kalau teman-teman saya bilang vespa rosok. Disebut vespa gembel karena penampilan vespa dan penumpangnya mirip gembel dengan aneka barang bekas yang terpasang di vespanya.

Kemunculan mereka di jalan raya bukanlah sebuah hal baru. Sewaktu saya masih tinggal di Kota Solo sekitar 3–5 tahun silam, saat itu sudah sering saya jumpai vespa-vespa jenis ini melaju di ruas-ruas jalan tertentu di Kota Solo setiap hampir tengah malam. Bahkan tak jauh dari tempat main saya dulu, ada semacam bengkel yang menjadi tempat ngumpul salah satu komunitas ini.

vespagembel.jpg
Sebuah vespa gembel sedang melintas di jalan raya. (Foto: https://motorplus-online.com)

Ada keunikan tersendiri lewat penampilan vespa yang mereka bangun. Mengacu kepada nama yang disematkan pada mereka, vespa gembel memiliki tampilan vespa dengan aneka barang yang tertempel atau tergantung padanya. Ada tabung kompresor bekas, tikar lusuh, botol bekas, ember bekas, jala untuk mencari ikan, dan sebagainya. Barang-barang ini bukannya tidak bermakna bagi mereka. Barang-barang ini mereka anggap sebagai kenang-kenangan. Biasanya mereka memungut barang apa saja yang bisa dipungut di sela-sela perjalanan tur mereka lalu memasangnya pada vespa mereka. Jadi bisa dipastikan antara satu vespa dengan vespa lainnya tak ada yang sama, mengingat kreativitas mereka juga berbeda satu dengan yang lain. Bagaimana pendapat Anda? (Arie Kurniawan)

Advertisements

12 thoughts on “Vespa Gembel, Sebuah Fenomena”

  1. Duh anak-anak vespa gembel ini sering banget seliweran di jalan raya kota Malang. Dulu pas masih kuliah, sering takut kalo disalip mereka, soalnya penampilan mereka rada gimana gitu hehehe no judge yet terrifying juga sih hihih

    Liked by 1 person

      1. Di sini (di homeland eyke) juga ada anak vespa kayak gitu tapi gak se rame Malang. Kalo mereka lewat kan sambil bawa cewe, cewe2nya itu pada tutupin muka pake topi lah, selendang, apa aja bair ga ketauan wajahnya wkwkwk,

        Like

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s