Ngeri, Kecelakaan di Depan SPBU Bulakrejo, Sukoharjo

KEHATI-HATIAN dan kewaspadaan kita sewaktu berkendara, ternyata belum sepenuhnya mampu menjamin keselamatan kita di jalan raya. Barangkali itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kecelakaan yang saya saksikan langsung pagi tadi (24/05) sewaktu berangkat ke tempat kerja. Sebuah kendaraan yang saya identifikasi sebagai Kawasaki Ninja 150R bertabrakan dengan (kalau tidak salah) Honda Supra X 125, tepatnya di depan SPBU Bulakrejo, Sukoharjo.

Kronologi kecelakaan berawal dari seorang pengendara Ninja yang sejak dari Sukoharjo kota sudah memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Saya yang juga dari arah Sukoharjo kota, sejak di tengah kota sudah beberapa kali melihat pengendara Ninja ini melakukan manuver yang membahayakan pengendara lain. Selepas lampu merah RS Nirmala Suri, pengendara Ninja tersebut menyalip saya dengan kecepatan kira-kira hampir 90 kmpj. Setelah sekitar 100 meter meningggalkan saya, tepatnya di depan pintu keluar SPBU Bulakrejo, dari kejauhan saya lihat pengendara Ninja tersebut berguling-guling di tengah jalan dengan motor yang juga ikut terguling beberapa kali di tengah jalan. Saya baru sadar kalau ternyata si pengengara Ninja tersebut telah menabrak pengendara lain yang mungkin baru saja keluar dari SPBU. Pengendara Ninja saya lihat setelah berguling-guling masih bisa terduduk kesakitan di tengah jalan. Sementara pengendara Supra saya lihat tergeletak di pinggir jalan dengan motor yang 30% hancur. Pecahan bodi dan beberapa bagian kedua motor pun berserakan di tengah jalan.

Itulah yang saya maksud di atas, sehati-hati apa pun kita ternyata belum sepenuhnya mampu menjamin keselamatan kita di jalan raya. Saya yakin sekali dalam kecelakaan tersebut, si pengendara Supra telah berhati-hati. Ini bisa dilihat dari posisi dia dan motornya yang cenderung di tepi jalan. Hanya saja karena ulah oknum pengguna jalan yang tidak bertanggung jawab, ia harus menanggung akibatnya. Kasihan sekali. Untuk pengendara Ninja, saya melihat dalam kasus ini merupakan kesalahan dia dan seharusnya dapat dijerat dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 311 Ayat (4) yang berbunyi, “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun atau denda paling banyak Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah)”.

Untuk berita yang lebih akurat dan valid, silakan Googling atau cek di grup Info Cegatan Solo dan Sekitarnya barangkali ada. Semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

2 thoughts on “Ngeri, Kecelakaan di Depan SPBU Bulakrejo, Sukoharjo”

Add your comments!

