Ganti Shockbreaker Belakang Setelah 10 Tahun Pemakaian

SETELAH 10 tahun pemakaian, akhirnya sepasang shockbreaker belakang Honda Supra X 125D milik saya, saya ganti dengan yang baru. Mencapai usia yang ke-10 tahun, bagi sepasang shockbreaker motor menurut saya adalah pencapaian yang cukup luar biasa mengingat sekitar 2 tahun belakangan ini, medan jalan yang saya lewati bukan sepenuhnya aspal yang mulus, melainkan juga jalan pedesaan yang terjal berbatu. Memang, pada tahun 2015 kemarin saya pernah satu kali menserviskan shockbreaker belakang motor saya tersebut di sebuah bengkel shockbreaker di kawasan Sukoharjo. Sekadar untuk memperpanjang usia dan membuat sedikit nyaman saja. Dan sekarang setelah genap berusia 10 tahun, rasa-rasanya part tersebut memang sudah sepantasnya saya ganti dengan yang baru. Saya sengaja tidak mencari merek aftermarket, karena memang untuk mempertahankan orisinalitas motor saya.

ahm.JPG
Sepasang shockbreaker untuk Honda Supra X 125. (Foto: https://bukalapak.com)

Akhirnya, saat istirahat kerja tadi saya sempatkan menyambangi sebuah Depo Onderdil Honda yang ada di daerah Punggawan Solo untuk sakadar survei harga. Di tempat tersebut sepasang shockbreaker untuk Honda Supra X 125 dipatok harga sebesar Rp360.000 belum termasuk ongkos pemasangan. Sebuah angka yang cukup lumayan bagi saya. Akhirnya, perjalanan mensurvei harga saya lanjutkan ke sebuah toko onderdil motor di Jl. Yos Sudarso Solo, namanya Gemilang Motor. Di tempat ini part yang saya maksud dihargai Rp335.000 sepasang belum termasuk ongkos pemasangan. Setelah mencoba nego, akhirnya tersepakati harga Rp320.000 termasuk ongkos pemasangan.

Setelah menunggu tak beberapa lama, berkat kerja dua orang mekanik yang cukup cekatan, sepasang shockbreaker baru merek Showa terpasang di motor saya. Impresi pertama yang saya rasakan tentunya berbeda dengan sebelum part ini diganti. Namun saya belum sempat mencobanya lebih jauh di berbagai medan mengingat jam sudah menunjukkan pukul 13.15 WIB di mana itu artinya saya harus buru-buru kembali ke kantor.

Semoga suatu hari saya bisa memberikan review pemakaian awal shockbreaker ini. Salam. (Arie Kurniawan)

4 thoughts on “Ganti Shockbreaker Belakang Setelah 10 Tahun Pemakaian”

  1. harganya masih sama dengan 2 taun lalu pas ditawari ori ahm.. tapi ya itu kalo aku akhirnya pake yss top up sih.. demi kenyamanan dan penampilan juga.. :mrgreen:

    oya itu tetep nggak keliatan ori mas, soalnya itu shock supra 125R, kalo 125D warna silver.. 😛

    Like

Add your comments!

