Pengalaman Setengah Tahun Menjadi Operator Warnet

SEKITAR tahun 2000-an adalah masa kejayaan bisnis warnet (warung internet) di Indonesia. Sebelum mobile internet sepopuler saat ini, bisnis warnet menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Apalagi bila ditunjang dengan faktor lingkungan yang mendukung, semisal kompleks permukiman mahasiswa, lingkungan kampus, atau sekolahan. Dengan segala seluk beluk dan pahit getirnya, warnet telah menjadi semacam ikon budaya urban tersendiri di kalangan remaja dan mahasiswa saat itu.

warnet
Ilustrasi warnet. (Foto: https://aansetia.wordpress.com)

Berkaitan dengan tren warnet tersebut, pengalaman menjadi seorang operator (OP) warnet pun sempat saya rasakan pada tahun 2010. Tak lama memang, hanya 6 bulan. Meski begitu pengalaman yang saya dapat merupakan pengalaman yang cukup berharga mengingat jobdesk OP warnet kala itu umumnya mencakup banyak hal seperti menjadi kasir, menjadi teknisi, bakulan roti, sekaligus cleaning service. Sehingga disadari atau tidak pengalaman mengerjakan berbagai variasi tugas seperti itu telah melatih skill dan disiplin saya di masa selanjutnya.

Bila berbicara tentang suka dan duka menjadi OP warnet, bisa saya bilang lebih banyak sukanya karena memang sebelumnya saya sudah memiliki hobi yang berkaitan dengan dunia internet. Sehingga sekaligus menyalurkan hobi, kita mendapatkan gaji dengan menjadi OP warnet ini.

Dukanya tentu pula ada. Salah satu pengalaman tidak mengenakkan sewaktu menjadi OP warnet adalah saya pernah kehilangan tas kecil berisi dompet saat shift malam di warnet. User warnet yang hendak bermain internet sengaja lari menggondol tas saya karena tahu saya saat itu sedang ketiduran. Apes memang.

Di masa sekarang, bisnis warnet telah berevolusi menjadi sebuah bisnis game online yang masih cukup diminati. Dan entah hal tersebut akan bertahan sampai kapan. Barangkali Anda punya pandangan? Semoga bermanfaat. Salam! (Arie Kurniawan)

7 thoughts on “Pengalaman Setengah Tahun Menjadi Operator Warnet”

  1. saya juga pernah jadi operator warnet. *tos*
    pengalaman saya dulu, job desc-nya ada lagi… jadi tutor bikinin template friendster (duh jaman kapan itu), trus bikinin orang akun fb. selain mbantu nyariin makalah buat tugas 🙂

    Like

    1. Haha, nah itu juga. Ane pernah punya user seorang wartawan (kontributor), tiap hari harus kirim berita via email. Nah itu juga jadi tugas ane sebagai OP warnet untuk ngirimke email atas nama dia…

      Like

  2. hmm masih punya cita2 pengin buka usaha warnet game online dengan sedikit imajnasiku sejak 5 taun yang lalu tapi blum kesampean sampe sekarang hihihihi, smoga bisa kesampaian ahhhh

    Like

Add your comments!

