Tukang Sol Sepatu Langganan di Kota Solo

PROFESI tukang sol sepatu bagi sebagian golongan berduit yang kurang suka berhemat, barangkali adalah profesi yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah terpakai jasanya. Bila sepatu/sandal yang dipakai oleh sebagian dari golongan berduit tersebut rusak, mungkin yang langsung mereka tuju adalah showroom sepatu bermerek atau mall, bukannya tukang sol sepatu di pinggir jalan.

tukang sol sepatu.jpg
Ilustrasi tukang sol sepatu. (Foto: https://muhammadiyahjatim.blogspot.com)

Lain halnya bagi sebagian gologan yang lain, yaitu golongan yang suka berhemat, terlepas dari mereka berduit atau tidak. Profesi sol sepatu merupakan profesi strategis bagi mereka yang cenderung peduli dengan penampilan, namun tetap ingin mempertahankan prinsip berhematnya. Contohnya adalah saya, beberapa minggu belakangan, saya menemukan kerusakan pada sol sepatu pantofel kerja saya tepatnya pada bagian sol yang terbuat dari bahan chipboard. Sol kanan dari sepatu saya tersebut telah mengelupas karena termakan usia dan sering kena air. Sedangkan bagian atasnya (penutup tempurung kaki) masih cukup bagus tanpa ada kerusakan yang berarti.

Setelah mempertimbangkan dan berkat saran salah satu teman, saya pun menyerahkan perbaikan sepasang sepatu saya tersebut kepada tukang sol sepatu langganan. Saya sebut langganan sebab sudah beberapa kali saya memperbaiki sepatu dan sandal yang rusak di tempat ini. Tepatnya pada tukang sol sepatu yang sehari-hari mangkal di ujung barat kawasan Gapura Kapal Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Entah siapa nama bapak tukang sol sepatu ini. Yang saya dengar dari penuturan orang tua saya (yang juga sering memperbaiki sandal dan sepatu di tempat ini), bapak tukang sol sepatu ini adalah mantan karyawan sebuah perusahaan sepatu, sehingga kepiawaiannya dalam memperbaiki sepatu/sandal sudah tidak perlu diragukan lagi.

Memang ada beberapa tukang sol sepatu yang mangkal di kawasan ini, namun di tempat bapak satu ini saya lihat yang paling ramai. Soal harga pun saya kira masih cukup terjangkau. Sebagai contoh, untuk mengganti sol sepatu saya yang rusak tersebut di atas, saya cukup merogoh kocek sebesar Rp60.000. Saya sebelumnya memang meminta agar sepatu saya diganti dengan sol sepatu yang kualitasnya bagus. Dipatoklah harga tersebut sudah termasuk ongkos servisnya.

Ada beragam jenis sepatu yang diperbaiki oleh bapak tukang sol sepatu ini. Mulai dari sepatu/sandal anak-anak, remaja, wanita, pria, serta beberapa jenis sepatu seperti pantofel, sepatu olahraga, dan sebagainya. Jadi bila Anda mempunyai sepatu/sandal yang telah rusak, cobalah untuk membawanya ke tukang sol sepatu terdekat Anda. Konsultasikan dengan mereka, kira-kira bisa tidak sepatu atau sandal milik Anda tersebut diperbaiki. Paling tidak dengan cara ini, kita bisa sedikit berhemat. Selain itu kita juga telah berbagi rezeki pada mereka, para tukang sol sepatu. Sekian semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

7 thoughts on “Tukang Sol Sepatu Langganan di Kota Solo”

  1. Aku juga sbenernya tipe orang hemat yg cenderung pelit sih hehehe.. pengen banget bnerin sepatu rusak, cuma masalahnya skrg tukang sol sepatu udah jarang banget ya, hampir punah kayaknya, jd ujung2nya sepatu2 aku dibuang gitu aja, pdhl kan sayang. Kalopun ada tukang sol sepatu lewat biasanya pas sepatu gada yg rusak, semoga pemerintah dapat melestarikan tukang sol sepatu.

    Like

  2. Bisa juga repair sepatu atau bikin sepatu di kerajinan sepatu BERKAT, di jln Kolonel Sugiono Solo ( ± 300 meter dari arah palang Joglo )

    Like

Add your comments!

