Mengintip Beberapa Kesiapan Kota Solo dalam Menyambut Arus Mudik 2016

KOTA Solo adalah salah satu kota yang menjadi jalur penting bagi para pemudik setiap tahunnya. Lokasinya yang strategis di tengah-tengah Provinsi Jawa Tengah, menjadikan Kota Solo sebagai kota transit bagi banyak rute mudik di Pulau Jawa. Dishub Solo mencatat, tahun 2015 silam ada sekitar 7,3 juta kendaraan masuk ke Kota Solo saat arus mudik dan arus balik. Tahun ini diprediksi angka tersebut akan mengalami peningkatan menjadi 8,53 juta kendaraan.

rppj.jpg
Salah satu RPPJ yang akan dipasang di 90 titik strategis Kota Solo. (Foto: https://merahputih.com)

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kota Solo dalam hal ini Dinas Perhubungan tengah mempersiapkan beberapa persiapan untuk menyambut para pemudik. Salah satu bentuk persiapan Kota Solo adalah pembenahan RPPJ (Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan) yang telah dilakukan baru-baru ini. Selain mengganti RPPJ yang telah rusak atau tidak layak pakai, Dishub Solo juga memasang RPPJ tambahan baru di 90 titik strategis di Kota Solo. Hal ini untuk memandu perjalanan para pemudik yang masuk ke Kota Solo nantinya.

Tak ketinggalan, Dishub Solo juga tengah mempersiapkan pendirian rest area yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik yang singgah di Kota Solo. Menurut sumber dari internal Dishub Solo yang saya peroleh, pemasangan rest area akan dilakukan pada hari Minggu (26/6) mendatang. Seperti halnya tahun kemarin, tahun ini juga direncanakan akan ada fasilitas Wi-Fi gratis bagi pemudik yang singgah di rest area milik Dishub Solo.

Adapun titik-titik lokasi rest area di Kota Solo antara lain di kompleks Superindo Jajar (Jl. Adi Sucipto), Terminal Tirtonadi (Jl. Ahmad Yani), depan Taman Jurug (Jl. Ir. Sutami), depan kediaman Danar Hadi (Jl. Bhayangkara), Subterminal Kadipiro (Jl. Kol. Sugiyono), Kerten (Jl. Slamet Riyadi), serta barat Stasiun Purwosari (Jl. Slamet Riyadi)

Selain dua kesiapan tersebut, Kota Solo juga akan menyediakan panduan peta mudik bagi para pemudik yang masuk Kota Solo. Informasi seputar arus mudik dan lalu lintas di Kota Solo bisa dipantau melalaui aplikasi Solo Destination serta beberapa media sosial yang dikelola oleh Dishub Solo. (Arie Kurniawan)

Advertisements

One thought on “Mengintip Beberapa Kesiapan Kota Solo dalam Menyambut Arus Mudik 2016”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s