Sharing Beragam Informasi di Grup ICS Solo

WARGA Solo dan sekitarnya yang aktif di jejaring sosial Facebook pasti mengenal grup Info Cegatan Solo dan Sekitarnya atau yang biasa disingkat ICS. Blogger cahbrogo.net dalam sebuah artikelnya menyebutkan, ICS adalah sebuah grup pertukaran informasi di Facebook yang bertujuan untuk memberikan contoh tertib berlalu lintas di jalan raya. Bukan hanya tentang info tertib berkendara, beragam info juga di-share oleh anggota ICS yang biasa disapa dengan sebutan Sedulur atau disingkat Lur. Informasi tersebut di antaranya info cegatan (razia), info kecelakaan, info pencurian, info orang hilang, info kriminalitas, dan sebagainya. Tak hanya terbatas di dunia maya, para Sedulur ICS ini juga rutin mengadalan kopi darat setiap Sabtu malam dan secara berkala mengadakan bakti sosial, semisal donor darah dan sebagainya.

Sebagai seorang yang juga cukup aktif di media sosial Facebook, saya pribadi sudah relatif lama mengetahui keberadaan komunitas ini. Hanya saja saya belum begitu ngeh menyimak setiap diskusi di grupnya. Baru setelah aksi mereka menandai lubang-lubang di jalan dengan cat semprot putih beberapa waktu lalu, saya tertarik untuk mengikuti perkembangan informasi yang di-share oleh para Sedulur ICS ini.

Ada banyak informasi yang di-share oleh para Sedulur ICS di grup. Mayoritas memang seputar informasi yang berkaitan dengan jalan raya dan berita kehilangan. Namun tak sedikit juga Sedulur ICS yang menanyakan seputar informasi ringan seperti lokasi bengkel, lokasi toko, servis center, dan sebagainya. Dan dengan suka rela, Sedulur ICS yang lain yang kebetulan mengetahui informasi yang dimaksud akan merespons cepat dengan menjawabnya. Cukup menarik menurut saya.

Di dunia nyata, kiprah dan solidaritas komunitas ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai contoh di masa mudik kemarin, dengan suka rela para Sedulur ICS secara swadaya membangun jaringan semacam posko untuk memantau arus mudik sekaligus memberikan pertolongan bagi siapa saja para pemudik yang membutuhkan pertolongan. Tak hanya satu titik di Kota Solo, melainkan di beberapa titik yang tersebar di Kota Solo dan sekitarnya. Salut!

Stiker ICS. (Foto: Dok. pribadi)

Sore kemarin (13/7) saya berkesempatan kopi darat dengan salah satu Sedulur ICS, yaitu Mas Very Kowor yang berdomisili di area Mojolaban, Bekonang, Sukoharjo. Kopdar saya dengan beliau, selain untuk silaturahim sekaligus untuk mengambil stiker ICS yang sudah saya pesan siang harinya. Dari obrolan dengan Mas Very Kowor sore kemarin, ada satu perkataan beliau yang menarik. Sesaat sebelum kami saling berpamitan, Mas Kowor sempat berucap kepada saya, “Mas, iki dudu kanca. Sedulur!” (Mas, ini bukan teman. (Tapi) saudara). Yang kurang lebih artinya menekankan bahwa ICS bukanlah sebuah pertemanan, melainkan persaudaraan.

Semoga bermanfaat. Salam. (Arie Kurniawan)

Advertisements

3 thoughts on “Sharing Beragam Informasi di Grup ICS Solo”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s