Pengalaman Pajak Tahunan Motor di Samsat Wonogiri

HARI Sabtu (16/7) kemarin, saya berkesempatan mengurus pembayaran pajak motor di Samsat Wonogiri. Saat sampai di kantor samsat, terpampang pengumuman bahwa hari itu server di Samsat Wonogiri sedang mengalami gangguan, sehingga aktivitas online di kantor samsat tersebut praktis lumpuh. Seperti diberitakan oleh solopos.com, bahwa sejak Jumat (15/7), server samsat pusat di Semarang, Jawa Tengah sedang mengalami gangguan, sehingga berimbas pula pada layanan kantor-kantor samsat di seluruh Jawa Tengah, termasuk kantor Samsat Wonogiri ini. Terlihat beberapa petugas kantor Samsat Wonogiri tak henti-hentinya menjelaskan perihal gangguan server tersebut pada wajib pajak. Ada yang setia menunggu dan berharap permasalahan bisa segera diatasi, ada pula yang memilih untuk meninggalkan kantor samsat dan kembali di hari berikutnya.

Saya adalah salah satu dari beberapa wajib pajak yang tetap setia menunggu. Memang, oleh petugas samsat, STNK para wajib pajak ada yang tetap diantrekan untuk diproses secara manual, namun ada pula yang disarankan untuk kembali lagi 1 atau 2 hari ke depan. Dan STNK saya kebetulan adalah STNK yang tetap direkomendasikan untuk diproses secara manual hari itu.

samsatwonogiri
Samsat Wonogiri. (Foto: https://harianjogja.com)

Setelah menunggu sekitar hampir dua jam, akhirnya tiba giliran saya untuk menuju loket pembayaran. Beberapa saat kemudian saya sudah mengambil STNK yang telah diperpanjang masa berlakunya. Saya cukup heran sebenarnya saat itu, bagaimana mungkin di saat server sedang error, transaksi pajak kendaraan bermotor tetap bisa dilakukan. Saya sempat bertanya ke penjaga yang ada di loket pembayaran perihal masalah tersebut, beliau menjawab bahwa yang bisa dikerjakan akan dikerjakan lebih dulu meskipun server sedang mengalami gangguan. Pantas saja, saya lihat para petugas di Samsat Wonogiri tetap sibuk meskipun server pusat sedang mengalami gangguan hari itu.

Persyaratan untuk melakukan pajak tahunan kendaraan bermotor di Samsat Wonogiri (dan mungkin juga di samsat-samsat yang lain) sangat mudah. Kita hanya perlu membawa STNK asli dan KTP asli sesuai nama yang tertera di STNK. Tak perlu membawa fotokopiannya.

Kantor Samsat Wonogiri ini pun, menurut saya gedungnya dan fasilitasnya cukup representatif. Di sudut ruangan terlihat sebuah bilik untuk menyusui, tak jauh dari area bermain anak. Hal ini pastilah dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi wajib pajak yang harus membawa buah hatinya yang masih kecil. Di belakang ruang tunggu, ada pula fasilitas charger umum untuk mengakomodasi para wajib pajak yang ponselnya barangkali butuh daya. Itulah, sedikit pangalaman saya mengurus pajak tahunan kendaraan bermotor di Samsat Wonogiri. Semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

3 thoughts on “Pengalaman Pajak Tahunan Motor di Samsat Wonogiri”

Add your comments!

