Pengalaman Isi Angin Ban Motor dengan Nitrogen

TAMPAKNYA mulai menjamur, stasiun pengisian nitrogen di SPBU-SPBU. Saya pun penasaran dengan “rasa” yang diberikan saat kita memakai ban yang berisi nitrogen. Nah, setelah membaca kelebihan-kelebihannya dari internet, sore kemarin (20/7) sepulang kerja saya mampir di sebuah SPBU yang terdapat stan pengisian nitrogennya. Sehubungan sebelumnya kedua ban motor saya berisi angin biasa, maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, angin di kedua ban tersebut harus dikuras dulu dan diisi dengan nitrogen. Saya tidak menemukan kompresor di stan tersebut. Setelah saya menanyakan, sang operator mengatakan bahwa di stannya ini nitrogen memang sudah berada di dalam tabung besar yang dikirim langsung dari Jakarta. Dan dia hanya tinggal mengisikannya pada ban motor pelanggan.

stannitropratama.jpg
Sebuah stand pengisian nitrogen di sebuah SPBU. (Foto: https://nitropratama.com)

Proses penggantian angin dari angin biasa ke nitrogen tak memerlukan waktu lama, sama sepeti jika kita mengisi angin ban motor dengan angin biasa. Biaya pengisian nitrogen dari awal untuk ban sepeda motor pada stan ini cukuplah terjangkau, yaitu Rp5000 untuk setiap ban.

Setelah pengisian ban selesai, sang operator akan mengganti tutup pentil ban motor Anda dengan tutup pentil berwarna hijau. Ini sebagai penanda bahwa ban motor Anda berisi nitrogen. Diharapkan dengan tanda ini, para mekanik di bengkel-bengkel tidak sembarangan mengisi ban motor Anda dengan angin biasa.

Impresi awal yang saya rasakan memang berbeda ketika saya menggunakan ban yang berisi angin biasa. Dengan tekanan yang standar, saya merasakan ban lebih empuk dan ringan. Ban jadi lebih mampu meredam getaran dan ini menurut saya akan meringankan kerja shockbreaker.

Itulah kesan awal sementara saya ketika menggunakan ban berisi nitrogen. Bagi Anda yang tiap hari memakai kendaraan bermotor untuk beraktivitas, tak ada salahnya mencoba dan merasakan sendiri impresinya. Silakan mencoba. (Arie Kurniawan)

9 thoughts on “Pengalaman Isi Angin Ban Motor dengan Nitrogen”

      1. O itu maksdunya, benturan dengan peraturan dilarang memotret di SPBU. Hehe. Sama kalau kayak kita lihat berita antrean di SPBU, orang antre difoto wartawan. Mungkin ada perizinan khusus.

        Like

Add your comments!

