Review Pemakaian Nitrogen pada Ban Sepeda Motor

SUDAH hampir satu bulan saya memakai sepeda motor dengan ban berisi nitrogen. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya di blog ini, per 20 Juli 2016 lalu saya mengisikan nitrogen untuk kedua ban sepeda motor Supra X 125 saya. Setelah hampir satu bulan memakai, berikut dua poin catatan yang bisa saya paparkan.

ilustrasinitrogen
Ilustrasi kios nitrogen. (Foto: https://suryamalang.tribunnews.com)

Pertama, setelah menggunakan nitrogen pada kedua ban motor saya, tekanan ban saya rasakan cenderung stabil. Tercatat, sejak melakukan pengisian nitrogen untuk kali pertama pada 20 Juli lalu, baru satu kali saya menambah tekanan ban motor saya. Itupun tidak terlalu banyak penambahan dan tidak pada kedua ban (hanya ban belakang). Lain halnya bila dibandingkan dengan ketika saya masih menggunakan angin biasa pada kedua ban motor saya dulu. Ketika itu, paling tidak tiga hari sekali saya harus menambah tekanan angin pada ban sepeda motor saya dikarenakan tekanan anginnya sering mendadak berkurang (kempes).

Kedua, menggunakan nitrogen pada kedua ban sepeda motor saya membuat getaran yang timbul yang disebabkan jalan yang tidak rata cenderung dapat diredam. Sebelumnya saat masih menggunakan angin biasa, saya harus mengurangi tekanan ban sepeda motor saya agar laju kendaraan nyaman ketika melewati jalan yang tidak rata. Tapi setelah menggunakan nitrogen, saya tidak perlu melakukan hal tersebut. Dengan tekanan yang standar, ban berisi nitrogen dapat meredam getaran ketika melewati jalan yang tidak mulus. Hal ini tentunya dapat membuat lebih ringan kerja shockberaker.

Itulah dua hal yang kentara sekali saya rasakan setelah menggunakan ban berisi nitrogen. Ada klaim yang mengatakan mengisi ban dengan nitrogen dapat membuat ban lebih awet. Dalam kasus saya ini, tentu hal tersebut belum dapat dibuktikan, mengingat saya baru satu bulan menggunakan. Sekian share pengalaman. Semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

2 thoughts on “Review Pemakaian Nitrogen pada Ban Sepeda Motor”

Add your comments!

