Obati Rindumu dengan Google Street View

BEBERAPA menit yang lalu, saya iseng buka-buka Google Street View via PC. Awalnya saya coba menjelajahi jalan utama di sekitar tempat tinggal saya di Selogiri, Wonogiri. Terbersit niatan untuk menjelajah lebih dalam lagi menuju gang-gang di perkampungan. Dan, ternyata sudah ter-cover. Beberapa bulan lalu, saya sempat mencoba mengecek via Google Street View, jalan-jalan di perkampungan tempat saya tinggal, namun belum ter-cover. Setelah hari ini tadi saya iseng mengecek lagi, ternyata data gambar di Google Street View telah di-update dan sudah sampai masuk ke gang-gang di perkampungan.

Penjelajahan dengan Google Street View saya pun berlanjut ke sebuah dusun di mana saya pernah tinggal dulu. Ya, sejak lahir hingga usia sekitar 5 tahun saya tinggal di sebuah dusun di Desa Karanggeneng, Kec. Godong, Kab. Grobogan, Jawa Tengah. Setelah keluarga saya hijrah ke Solo, rumah dan pekarangan yang saya tinggali saat itupun kemudian dijual oleh orang tua saya dan secara otomatis saya tak pernah menengok tempat itu lagi.

Tepatnya saya saat itu tinggal di depan Balai Desa Karanggeneng, Kec. Godong, Grobogan. Setelah saya jelajahi dengan Google Street View, ternyata jalanan di lokasi yang saya maksud telah ter-cover. Sontak, aroma nostalgia pun menyeruak di kalbu saya. Terlihat kantor balai desa di mana saya sering main-main dulu. Tak jauh dari situ, ada pula bangunan sekolah dasar yang rasanya tak mengalami banyak perubahan. Samar-samar, kenangan masa kecil itu pun kembali membayang di ingatan.

pekarangan.PNG
Pekarangan masa kecil. (Foto: Google Street View, Agustus 2015)

Google Street View adalah fitur dalam Google Maps yang sudah dilansir sejak 2007 silam. Fitur ini menyajikan pemandangan jalan 360°. Awalnya, hanya lima kota di Amerika Serikat yang ter-cover oleh fitur ini. Dan kini, sudah banyak tempat di dunia yang sudah ter-cover oleh Google Street View, termasuk Indonesia. Anda hendak juga mencoba? (Arie Kurniawan)

2 thoughts on “Obati Rindumu dengan Google Street View”

Add your comments!

