“Mother, How Are You Today”

BANYAK lagu yang berkisah tentang ibu. Mulai dari Iwan Fals dengan Ibu-nya, Melly Goeslaw dengan Bunda-nya, atau Steel Heart dengan Mama Don’t You Cry-nya. Itulah sedikit contoh betapa besar sosok ibu di benak dan kehidupan anak-anaknya hingga banyak musisi mengabadikan sosok ibu dalam sebuah lagu.

Bila kita terbang ke tahun 1980 silam, ada sebuah lagu tentang ibu yang sampai kini masih sering diputar di radio-radio yang memiliki program lagu-lagu evergreen. Mother How Are You Today, adalah lagu milik duo Belanda, Maywood. Adalah Caren May dan Alice Wood, dua nama yang menjadi cikal bakal nama Maywood. Album pertama mereka berjudul Maywood, rilis tahun 1980 dan menjadi awal kesukesan mereka. Di album ini ada lagu terbaik dari Maywood, Late At Night dan juga Mother How Are You Today ini.

maywood.jpg
Sampul album Maywood. (Foto: https://991.com)

Lagu Mother How Are You Today, mengisahkan kerinduan seorang anak perempuan akan ibunya di kampung halaman. Kerinduannya dicurahkan lewat surat untuk ibunya (here is a note from your daughter). Dalam suratnya, sang anak berjanji akan menemui sang ibu musim panas mendatang (promise to see you this summer). Sang anak juga mengisahkan dalam surat, bahwa ia telah menemukan pria pujaanya, dan akan mengajaknya untuk bertemu sang ibu suatu saat (I found the man of my dreams, next time you will get to know him).

Nuansa yang ditimbulkan dari komposisi musik di lagu ini, selalu berhasil mengajak jiwa saya berkelana ke negeri asing, dengan padang rumput dan bunga-bunganya yang indah. Entahlah itu di mana. Sekian, semoga bermanfaat. (Arie Kurniawan)

Advertisements

4 thoughts on ““Mother, How Are You Today””

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s