Kopi Angkring, Kopi Legendaris dari Solo

SEWAKTU mampir ke rumah orang tua saya di Solo beberapa waktu lalu, saat menggeledah isi dapur, saya menemukan bungkusan bubuk kopi dengan merek Angkring. Bungkusnya berwarna hitam dengah tulisan berwarna kuning ditambah ada gambar seorang laki-laki memakai caping sedang memikul teko. Mungkin seperti inilah cara menjajakan kopi di zaman dulu. Jadul sekali!

angkring
Kemasan kopi Angkring. (Foto: Tokopedia)

Inilah kopi robusta yang konon dipasok dari kebun-kebun kopi dari seantero Pulau Jawa dan diberi nama dagang Tjap Angkring. Bagi Anda penyuka kopi yang tinggal di Solo, pasti sudah akrab dengan nama ini. Kopi Tjap Angkring ini memang identik dengan Toko Podjok yang ada di kawasan Pasar Gede, Solo. Konon, toko ini sudah berdiri sejak tahun 1940-an dan saat ini sudah diwariskan pada generasi ketiga pemilik toko tersebut.

Di toko ini tak hanya dijual kopi dalam bentuk bubuk, melainkan juga kopi dalam bentuk biji kopi yang telah disangrai. Di toko inipun juga disediakan penggiling kopi, jadi Anda bisa memilih tingkat kehalusan bubuk kopi sesuai selera.

Saat coba menyeduh kopi Tjap Angkring ini, aroma cokelat cukup mendominasi. Rasanya memang seperti kopi robusta pada umumnya, namun saat saya meneguknya,  perpaduan karamel dan aroma cokelat lembutnya terasa menyergap lidah saya. Kebetulan saya menambahkan sedikit gula pada seduhan kopi saya, sehingga rasa pahit tidak saya temukan di sana. Sungguh nikmat!

Jadi bila Anda seorang penggemar kopi dan berencana traveling ke Kota Solo, Anda wajib menyambangi Toko Podjok yang ada di Jl. Pasar Besar No.38, Solo. Selamat mencoba! (Arie Kurniawan)

13 thoughts on “Kopi Angkring, Kopi Legendaris dari Solo”

Add your comments!

