Lagu “Dalan Anyar” dan Jargon Remaja Kekinian

PENGHIANATAN cinta adalah tema yang seolah telah menjadi ciri dari kebanyakan lagu Didi Kempot. Tema penghianatan tak lantas diangkat begitu saja, namun Didi selalu menyelipkan setting tempat pada lagu-lagu tersebut. Dan inilah yang menjadi spasialisasi Didi Kempot dan juga ciri lagu ciptaannya.

Seperti yang telah saya urai di posting terdahulu di blog ini, selain tema dan lirik lagu yang kental dengan kehidupan sehari-hari, satu lagi keunikan dari kebanyakan lagu yang diciptakan oleh Didi Kempot adalah terdapatnya setting ruang publik dalam liriknya. Sebut saja Stasiun BalapanTerminal Tirtonadi, Pelabuhan Tanjung MasParangtritis, ataupun Dalan Anyar (Terminal Kertonegoro) yang coba ingin saya bahas kali ini.

kaburkanginan.jpg
Meme lirik Dalan Anyar. (Foto: Dok. pribadi)

Saya kurang tahu persis kapan lagu Dalan Anyar (Terminal Kertonegoro) ini diciptakan oleh Didi Kempot. Hanya saja lagu ini masuk dalam album kompilasi lagu-lagu terbaik milik Didi Kempot berjudul Album Kasmaran yang rilis tahun ini. Terminal Kertonegoro sendiri adalah sebuah terminal bus yang berada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Lagu ini ternyata memiliki lirik yang unik dengan keteraturan rimanya. Coba simak penggalan lirik di awal lagu: kembang tebu sing kabur kanginan // saksi bisu sing dadi kenangan // prasetyamu kuwi mung kiasan // tresnamu saiki wis ilang.

Kepopuleran lagu ini selain mendapat tempat di hati para penikmat campursari, ternyata sampai juga pada remaja-remaja gaul yang suka membuat jargon-jargon unik di sosial media. Hingga kemudian muncul istilah-istilah unik yang mewakili perasaan mereka yang diambil dari lirik lagu ini seperti kembang tebu, kabur kanginan, dan sebagainya.

Itulah bagaimana sebuah lagu mampu mendapatkan tempat di hati pendengarnya. Tema keseharian yang diangkat, serta penggunaan bahasa daerah telah menjadikan sebuah lagu begitu sangat dekat dengan masyarakat. Berniat mendengarkan? Semoga bermanfaat! (Arie Kurniawan)

Advertisements

5 thoughts on “Lagu “Dalan Anyar” dan Jargon Remaja Kekinian”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s