Bengkel Shockbreaker Kromopawiro, Solo

INILAH salah satu bengkel shockbreaker yang cukup dikenal oleh warga Solo. Terbukti dari beberapa teman yang saya tanyai seputar bengkel shockbreaker di Solo, mayoritas merekomendasikan bengkel shockbreaker Kromopawiro yang berlokasi di Jl. Cipto Mangunkusumo, Solo ini.

kromopawiro
Bengkel shockbreaker Kromopawiro, Solo. (Foto: Google Street View, Januari 2016)

Hari Jumat (25/11) lalu, saya berkesempatan menserviskan shockbreaker depan Supra X 125 saya yang sebenarnya sudah lama mengalami rebound yang sangat kasar sampai-sampai mengeluarkan suara “dag”.  Setelah sampai di bengkel tersebut, saya pun berkonsultasi sedikit dengan sang mekanik mengenai keluhan pada motor saya. Sang mekanik menjelaskan permasalan berasal dari as shock yang tidak orisinil. Menurutnya, as shock depan yang tidak orisinil mempunyai kecenderungan perubahan ukuran silinder di bagian dalamnya, sehingga berpengaruh pada sirkulasi oli di dalam shockbreaker. Dan inilah yang menyebabkan proses rebound tidak normal. Benar saja, pada Maret 2016 lalu saya memang sempat mengganti as shock depan Supra X 125 saya dengan as shock depan seharga 130-an sepasang. Inilah yang saya sinyalir sebagai produk KW, bukan orisinil.

Berhubung sudah niat ingin memperbaiki kondisi shock depan motor, saya pun kemudian mencari part yang saya butuhkan tersebut, yaitu sepasang as shock depan Supra X 125 (kode part: 51410 KTM 881). Di bengkel resmi harga part ini dibanderol harga sekitar Rp125.000,00 untuk satu buah (sepasang Rp250.000,00). Mencoba tetap menggunakan prinsip berhemat, saya pun meluncur ke sebuah toko khusus onderdil Honda, yaitu Gudang Onderdil Honda yang terletak di kawasan Srambatan Solo. Di toko ini harga onderdil yang ditawarkan memang cukup miring, terbukti untuk as shock depan yang saya cari cukup dihargai Rp115.000,00 untuk satu buah (sepasang Rp230.000,00). Setelah sedikit bernegosiasi, akhirnya pihak toko bersedia memberikan diskon karena saya membeli sepasang. Masing-masing part mendapat diskon Rp11.500,00, jadi total harga yang harus saya tebus adalah Rp207.000 untuk sepasang as shock depan. Lumayan berhemat.

Di bengkel Kromopawiro, proses penggantian as shock depan dikerjakan kurang dari satu jam. Dengan membayar biaya servis sebesar Rp70.000,00 (sudah termasuk oli shock dan seal dalam), kenyamanan yang hilang pada shockbreaker depan Supra X 125 saya sudah kembali saya dapatkan. Pelajaran yang bisa saya ambil, yaitu untuk urusan motor, memang ada partpart tertentu yang tidak bisa begitu saja diganti dengan yang KW, barangkali as shockbreaker inilah salah satunya.

Demikian share, semoga bermanfaat! (Arie Kurniawan)

Add your comments!

