Share Pengalaman Atasi Hidung Tersumbat Anak dengan Terapi Kamar Uap

SEBAGAI orang tua, menjadi situasi yang tidak mengenakkan ketika buah hati sakit. Seperti yang saya dan istri alami semalam, putra kami (2 tahun 5 bulan), mengalami pilek setelah sekian lama tidak mengalaminya. Mungkin karena kondisi cuaca yang kurang bagus akhir-akhir ini, ditambah dengan kondisi badan yang capai akibat terlalu aktif bermain sehingga pilek dengan mudah mengalahkan sistem imunnya.

Pilek adalah infeksi ringan pada saluran pernapasan yang sering dialami oleh anak-anak. Begitu juga dengan putra saya. Jika sudah begitu, dipastikan saat malam pertama ia mengalami pilek, tidur menjadi tidak nyenyak lantaran hidung tersumbat.

Ada satu solusi murah yang selama ini saya terapkan bila si kecil mengalami hidung tersumbat di hari pertamanya mengalami pilek, yaitu dengan terapi kamar uap. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Silakan disimak berikut ini!

teko.jpg
Ilustrasi air mendidih pada teko. (Foto: https://swanwaters.com)

Rebuslah air satu teko hingga mendidih. Setelah mendidih dan mengalami penguapan, pindahlah air mendidih tersebut pada ember atau baskom, lalu ditetesi beberapa tetes minyak kayu putih. Selanjutnya letakkan ember/baskom tersebut di sudut kamar tempat si kecil tidur. Jangan lupa tutuplah pintu agar aroma minyak kayu putih tetap berada di ruangan dalam beberapa waktu. Niscaya hidung tersumbat yang diderita si kecil akan reda dan tidur si kecil pun menjadi nyenyak.

Upaya ini bisa Anda lakukan beberapa kali dalam semalam sesuai kebutuhan. Selain akan melegakan hidung tersumbat si kecil, aroma dari minyak kayu putih juga akan melegakan pernapasan Anda yang sedang menjagainya. Demikian share pengalaman, semoga bermanfaat! (Arie Kurniawan)

Advertisements

4 thoughts on “Share Pengalaman Atasi Hidung Tersumbat Anak dengan Terapi Kamar Uap”

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s