Atasi Gejala Cantengan (Paronychia) dengan Ichtyol

SAAT SMA dulu, saya pernah punya pengalaman menderita cantengan (paronychia) di ibu jari kaki kiri yang tak kunjung sembuh. Dalam kurun waktu yang lama saya merasa cukup tersiksa. Aktivitas saya, terutama aktivitas olahraga pun menjadi terhambat. Berbagai cara pengobatan pun saya tempuh, namun tak kunjung menemui kesembuhan. Akhirnya sesuai saran dokter, saya pun memilih opsi untuk mencabut kuku ibu jari saya tersebut. Dan benar saya, tak berapa lama infeksi tersebut sembuh.

Cantengan adalah infeksi pada kulit yang terjadi di sekitar kuku. Cantengan bisa disebabkan oleh jamur atau bakteri. Pemicu cantengan kebanyakan adalah cara memotong kuku yang salah sehingga sisa kuku di tepi ketika tumbuh akan melukai kulit sehingga terjadilah infeksi. Cantengan dapat dialami oleh semua jari, namun yang paling susah penyembuhannya adalah cantengan pada ibu jari kaki.

Pengalaman pahit menderita cantengan di atas membuat saya sekarang lebih berhati-hati. Bila muncul gejala nyeri yang mengarah pada cantengan, segera saya oleskan salep Ichtyol atau yang lebih umum dikenal orang sebagai salep hitam. Seperti yang saya rasakan tadi malam. Setelah berbanjir-banjir ria di jalanan Kab. Sukoharjo pada malam sebelumnya dan kemarin pagi, rasa nyeri mirip gejala cantengan pun saya rasakan hadir di kuku ibu jari kaki saya. Malam harinya, saya pun mengoleskan salep tersebut pada bagian yang sakit. Dan, pagi tadi alhamdulillah rasa nyeri tersebut telah jauh berkurang.

ichthyol.jpg
Salep Ichtyol kemasan 15 gram. (Foto: Tokopedia)

Salep Ichtyol tergolong murah dari segi harga. Kemasan kecil ukuran 15 gram di apotek dihargai sekitar Rp6.000,00. Harga yang jauh lebih murah dibanding manfaat yang diberikannya. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami gejala awal cantengan seperti yang saya alami semalam, saya sarankan untuk segera memberikan salep Ichtyol. Tak ada salahnya pula Anda selalu menyediakan salep ini di rumah sebagai persediaan.

Semoga bermanfaat! (Arie Kurniawan)

Add your comments!

