Senam Gemu Fa Mi Re dan Rasa Nasionalisme Kita

BEBERAPA hari terakhir ini, perhatian publik di departemen di perusahaan tempat saya bekerja tertuju pada sebuah gelaran lomba senam yang akan diadakan pada Jumat 16 Desember 2016 pekan depan. Sebuah lomba yang digelar untuk memeriahkan ultah ke-58 perusahaan tempat saya bekerja. Panitia pun memilih senam Gemu Fa Mi Re sebagai tema utama dalam lomba kali ini. Seperti kita tahu, sekitar setahun belakangan, senam Gemu Fa Mi Re telah menjadi idola di kalangan pegiat senam, baik di kantor-kantor ataupun instansi-instansi pemerintah. Bahkan pada Februari 2015 silam, sebuah kelompok kebudayaan  bernama Flabamora Group pernah menampilkan senam ini di acara Canberra Mulcultural Festival di Australia.

gemufamire.jpg
Senam Gemu Fa Mi Re yang dilakukan oleh para Jalasenastri. (Foto: https://inspiratifnews.com)

Senam Gemu Fa Mi Re sendiri identik dengan sebuah lagu dengan judul yang sama, yaitu Gemu Fa Mi Re yang berasal dari Maumere, NTT. Lagu tersebut diciptakan oleh seorang musisi asal Sikka bernama Frans Cornelis Dian Bunda atau yang lebih akrab disapa Nyong Franco.

Fenonema senam dengan iringan lagu daerah juga pernah terjadi di tahun 2000-an. Saat itu senam Poco-Poco mendadak menjadi sebuah fenomena yang digandrungi oleh banyak kalangan. Yopie Latul, penyanyi asal Maluku, mempopulerkan lagu Poco-Poco dengan suguhan goyangan yang enerjik hingga menjadi salah satu ‘senam wajib’ di kantor-kantor ataupun instansi-instansi pemerintahan saat itu.

Booming-nya senam Poco-Poco ataupun Gemu Fa Mi Re adalah contoh, ternyata masih ada rasa nasionalisme di kalangan kita. Perasaan gembira saat menarikan gerakan-gerakan senam tersebut akan bertambah greget bila juga diiringi dengan rasa ingin tahu kita mengenal lebih jauh latar belakang lagu-lagu daerah tersebut. Tak hanya untuk Poco-Poco ataupun Gemu Fa Mi Re, melainkan juga banyak lagu-lagu daerah populer yang lain yang ada di Indonesia.

Salam Indonesia! (Arie Kurniawan)

Advertisements

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s