Status dan Hashtag #SendiriDiRumah Buka Peluang Tindak Kejahatan

BERAWAL dari keisengan teman Facebook saya yang ikut coba-coba searching hashtag #SendiriDiRumah di Facebook, ternyata ditemukan banyak status yang menjurus ke hashtag tersebut. Rata-rata akun-akun tersebut menceritakan kesendiriannya di rumah. Terlepas itu fakta atau hanya status palsu belaka, disadari atau tidak hal ini turut membuka peluang munculnya tindak kejahatan.

sendiridirumah
Contoh status Facebook #SendiriDiRumah. (Foto: Facebook)

Pada 21 Desember 2010, situs liputan6.com melansir berita tentang tindak pencurian di Inggris yang dipicu oleh status Facebook pemilik rumah. Sang pemilik rumah secara tidak langsung meng-update status dan menceritakan bahwa rumahnya dalam keadaan kosong lantaran sekeluarga menunggui anaknya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Dari berita tersebut kita bisa mengambil pelajaran, bahwa banyak orang memantau status Facebook kita, terlebih bila pengaturan privasinya kita buat “public”. Dan dari orang-orang yang memantau status kita tersebut, tidak semua orang baik. Ingat kata Bang Napi, kejahatan timbul bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, melainkan juga karena adanya kesempatan. Untuk itu waspada dan bijaklah dalam menulis status Facebook atau media sosial lainnya.

Adapun aktivitas-aktivitas di Facebook atau media sosial yang bisa memicu kejahatan menurut situs suingkat.id antara lain: (1) selalu update tempat yang dikunjungi; (2) tidak bisa membedakan mana data publik dan mana data pribadi yang seharusnya tidak di-share; (3) mengeluh dan menghina lewat status; dan (4) mengumbar kejelakan orang lain.

Semoga bermanfaat! (Arie Kurniawan)

Advertisements

2 thoughts on “Status dan Hashtag #SendiriDiRumah Buka Peluang Tindak Kejahatan”

  1. mas arie, lama gak main ke sini. Postingan ini bermanfaat banget, mengingatkan kita semua bahwa gak semua kudu diumbar ke medsos ya. Aku juga gitu mas, kalo suami lg tugas luar kota selalu ngingetin dia supaya ga usah pasang status di medos dan ngasi tau locationnya dia, nanti ketauan kan dia lagi di mana. Duh semoga kita semua dihindarkan dari niat buruk orang2 jahat di luar sana ya mas. Selamat tahun baru 🙂

    Like

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s