Pengalaman Merapikan Plat Nomor di Jl. Kalilarangan, Solo

HARI Rabu (11/1) pekan lalu, saya mengambil plat nomor (TNKB) motor saya yang seharusnya sudah ganti pada bulan Juni 2016 lalu. Sekadar flashback, bulan Juni 2016 kemarin adalah masa habis STNK dan plat nomor kendaraan saya, sehingga STNK dan plat nomornya harus diganti dengan yang baru. Pada waktu itu, ketersediaan material untuk pencetakan plat nomor dari pusat di Samsat Solo kabarnya sedang kosong, sehingga mau tidak mau harus menunggu beberapa waktu. Barulah pekan kemarin, saya baru sempat mengambilnya di kantor samsat Kota Solo. Memang terbilang sangat telat, pasalnya pada bulan Juli 2016, sebulan setelah saya membayar pajak lima tahunan tersebut, harian Joglosemar memuat berita bahwa material plat nomor di Samsat Solo sudah tersedia. Berhubung saya tidak segera mengatahui kabar tersebut, ya sudah akhirnya molor sampai 7 bulan.

Berbicara mengenai plat nomor asli yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri, secara fisik bisa saya bilang tidak cukup menarik. Proses pembuatannya yang singkat, tak lebih dari 5 menit, membuat plat nomor keluaran Korlantas ini tidak enak dilihat. Begitu juga dengan plat nomor motor saya yang baru saja jadi tersebut.

Untunglah tak jauh dari tempat kerja saya di Solo ada sebuah kawasan di mana terdapat 80-an kios perajin letter yang menjajakan jasanya. Jalan itu bernama Jl. Kalilarangan. Warga Solo pasti mengenal sekali kawasan ini sebagai pusatnya perajin letter, seperti plat nomor, vandel, pin, name tag, neon box, dan sebagainya.

Siang tadi saat istirahat kerja, saya mencoba untuk memanfaatkan jasa salah satu perajin di kawasan tersebut. Plat nomor motor yang baru saya terima pekan kemarin saya minta untuk dirapikan agar lebih enak dipandang. Proses pengerjaan merapikan plat nomor rata-rata cukup membutuhkan waktu 1 jam. Jadi bila Anda sedang ada waktu, Anda bisa menunggui proses pengerjaannya. Proses pengerjaan perapian plat nomor antara lain urutannya adalah melapisi plat nomor dengan plat tambahan agar lebih kuat. Plat pelapis inilah yang nanti akan dilubangi dan dipasangi baut. Namun bila plat nomor asli Anda sudah terlanjur berlubang seukuran baut, hal ini bisa disiasati dengan memipihkan area sekitar lubang sehingga lubang tersebut tertutup.

kalilarangan.PNG
Berderet kios perajin letter di Jl. Kalilarangan, Solo. (Foto: Google Street View)

Langkah yang kedua dari proses perapian plat nomor ini adalah mengecat ulang dengan cat hitam. Setelah cat kering, barulah plat nomor tersebut ditempeli stiker angka dan huruf yang sesuai nomor plat nomor tersebut. Untuk sepasang plat nomor motor, jasa perapian dipatok harga sebesar Rp35.000,00. Sedangkan untuk sepasang plat nomor mobil sebesar Rp60.000,00.

Kerapian plat nomor, kalau saya bilang secara tidak langsung berpengaruh pada penampilan motor/mobil Anda. Sayang rasanya bila motor/mobil sudah bersih dan rapi, tapi plat nomor masih berantakan. Anda tertarik? (Arie Kurniawan)

Add your comments!

