Rindu Solo: Antara Rasa Kangen, Eksotisme Kota, dan Kehangatan Keluarga

KEANGGUNAN Kota Solo, kehangatan warganya, dan juga eksotisme budayanya, telah benginspirasi banyak musisi untuk merangkumnya dalam sebuah lagu. Di awal 90-an, bahkan hingga sekarang, kita familiar dengan lagu Stasiun Balapan yang dipopulerkan oleh sang maestro keroncong dangdut, Didi Kempot. Di ranah keroncong asli, sudah lebih populer lagu Kota Solo yang sampai kini masih sering dibawakan pada eventevent keroncong. Yang kondang sampai ke mancanegara, tentu saja Bengawan Solo yang diciptakan oleh Alm. Gesang Martohartono pada tahun 40-an. Dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini, tepatnya Sabtu 9 Februari 2019, seorang penyanyi muda asal Solo kembali membuat baper para perantau asli Solo dengan merilis lagu berjudul Rindu Solo. Sebuah lagu bernuansa easy listening jazz dengan lirik yang sederhana namun mengena. Adalah Elizabeth Sudira, sebuah nama yang sudah tidak asing lagi bagi para pegiat musik jazz di Kota Solo.

Kepada Solopos, Eliz, sapaan Elizabeth Sudira, mengungkapkan bahwa lagu Rindu Solo berangkat dari pengalaman pribadinya sejak lahir tinggal dan menikmati keindahan Kota Solo. Lagu ini merangkum segala sudut keindahan Kota Solo yang banyak dirindukan oleh orang yang sedang atau pernah berada di Kota Solo.

Lagu Rindu Solo ditulis pada September tahun lalu, tepatnya beberapa hari sebelum Eliz dan band-nya, The Ranger tampil pada Solo City Jazz 2018. Kadispar Solo, Hasta Gunawan mendukung penuh karya-karya seniman yang ikut mengangkat nama Kota Solo, seperti lagu Rindu Solo ini. Ia juga berharap akan ada karya-karya publikasi lain tentang Kota Solo lewat media lain juga, seperti lukis, kriya, atau film. Semoga saja. (Arie Kurniawan)

Advertisements

2 thoughts on “Rindu Solo: Antara Rasa Kangen, Eksotisme Kota, dan Kehangatan Keluarga

Add your comments!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s